Selasa, 23 Mei 2017

Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                    Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                  

Laboratorium Fakultas Teknik

1. Laboratorium Teknik Mesin
1) Labor
a) Penggunaan: Sebagai sarana belajar dan diskusi mahasiswa.
b) Asset:
(1) Mesin Bubut
(2) Mesin Uji Tarik
(3) Mesin Cutter
(4) Mesin uji Pukul Takik
(5) Blower


2) UKM
a) KBM: Kemah Bakti Mahasiswa
b) Pengabdian Masyarakat oleh dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Mesin (terutama menyesaikan masalah air bersih warga).
c) Donor Darah: sebagai anggota tetap PMI Bukittinggi
d) Olah Raga: Futsal, Lintas Alam, Dayung, Renang.


3) Praktek Lapangan
a) Praktek Teknologi Pemanfaatan Energi, Teknologi
(1) Mikro Hidro di Nagari Cubadak (Kab. Pasaman) April 2013
(2) Panas Bumi ( Daerah Solok, Pasaman), April 2013
(3) Biomassa ( Bio Gas ) di Kamang, May 2013
b) Praktek Teknologi Mesin Pertanian
(1) Pengenalan mesin panen padi teknologi terbaru dari Yanmar (Jepang) di Bukittinggi, Juni 2013.


2. Laboratorium Teknik Sipil

a) Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur

Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur digunakan untuk melakukan pengujian-pengujian bahan penyusun beton, perencanaan campuran beton, karakteristik bahan penyusun beton dan cara pengujiannya, pengujian berbagai struktur maupun elemen struktur dengan model berskala penuh atau skala model. Uji ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, perilaku, dan kekuatan elemen struktur yang dibebani statik. Bahan/benda uji dapat berupa beton bertulang, baja, kayu atau bahan lain yang meliputi dari pengujian seperti Uji Lentur Balok, Pelat, Uji Tarik/Tekan Kolom. Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur selain digunakan untuk penyelenggaraan praktikum mahasiswa juga untuk sarana penelitian bagi mahasiswa dan dosen serta untuk pelayanan konsultansi pihak ketiga. Di samping itu, Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur Prodi teknik Sipil Fak. Teknik UMSB juga menjalin kerjasama dengan Instansi lain (dalam hal ini Pemerintah dan Swasta) dalam bidang : penelitian, pendidikan, pengembangan dan pengabdian masyarakat. Setelah mengikuti kegiatan praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan serta memahami tentang perencanaan campuran beton, dapat menganalisis sifat-sifat bahan struktur, sehingga dalam perencanaan struktur menjadi handal. Peralatan yang dimiliki antara lain :
(a) Sieve Brass Analysis
(b) Sieve Blinker Electric
(c) Slump Test
(d) Electric Vibrator
(e) Modulus of Elasticity Concrete Test
(f) Compressive Testing Machine
(g) Rigid Floor
(h) Hydaulic Jack
(i) Load Cell
(j) Dial Gauge


b) Laboratorium Ilmu Ukur Tanah

Laboratorium Ilmu Ukur Tanah digunakan untuk kegiatan pengukuran di lapangan. Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktikum pemetaan dengan materi pengukuran peta situasi serta polygon. Praktikum ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk bantuan peminjaman peralatan untuk pengukuran-pengukuran yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen serta institusi lainnya. Laboratorium Ilmu Ukur Tanah menyediakan layanan untuk membantu pelaksanaan penelitian dalam bidang pengukuran yang dilakukan oleh mahasiswa serta dosen. Kerjasama dengan pihak luar juga dilakukan dalam bentuk penyewaan alat ukur maupun tenaga pengukur atau dapat juga keduanya. Setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pengertian dan pemahaman tentang pengukuran dan pemetaan tanah. Peralatan yang dimiliki antara lain :
(a) Theodolite ( manual dan digital )
(b) Waterpasing
(c) Yalon
(d) Bak ukur


c) Laboratorium Mekanika Tanah

Laboratorium Mekanika Tanah ini dipergunakan untuk melakukan penyelidikan terhadap tanah sehingga dapat mengetahui dan mengenal sifat-sifat fisik dan jenis tanah di laboratorium, baik dalam keadaan ash (undisturbed) maupun keadaan terganggu (disturbed) serta melakukan pengujian dan pemeriksaan tanah di Laboratorium maupun di lapangan. Laboratorium Mekanika Tanah ini selain digunakan untuk penyelenggaraan praktikum, juga digunakan untuk sarana penelitian bagi mahasiswa maupun dosen serta pelayanan konsultansi di bidang penyelidikan tanah. Kerjasama dengan pihak luar dalam bentuk penyewaan peralatan Sondir maupun Tenaga Penyondiran atau dapat keduanya. Setelah melaksanakan dan mengikuti praktikum di laboratorium Mekanika Tanah ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pengertian dan pemahaman tentang sifat-sifat fisik dan jenis tanah. Peralatan yang dimiliki antara lain :
(a) Triaxial
(b) Dutch Cone Penetrometer / Sondir
(c) Hydrometer Analysis Test
(d) Compaction Test
(e) Attenberg Limit Test
(f) Laboratory CBR Test
(g) Permeability Test


3. Laboratorium Fakultas Pertanian
1) Laboratorium Dasar

Laboratorium ini dipakai untuk menunjang Matakuliah Dasar seperti Ilmu Kimia, Fisika, Biologi. Di laboratorium ini mahasiswa diperkenalkan dengan Pratikum yang berguna untuk menunjang perkuliahan. Laboratorium ini dilengkapi dengan alat-alat seperti timbangan, oven, PH Meter, alat-alat gelas, mikroskop dan perlengkapan bahan-bahan reaksi kimia yang diperlukan.
2) Laboratorium Pertanian
Di laboratorium ini mahasiswa dapat melakukan praktek Matakuliah Teknologi Benih, Genetika, Ekologi, Kesuburan Tanah, Nutrisi dll. Laboratorium dilengkapi dengan timbangan, oven, PH meter, germinator, reagen-reagen untuk reaksi kimia. 3) Kebun Percobaan
Lahan seluas 1 Ha yang terletak di samping gedung perkuliahan digunakan untuk pratikum dan penelitian mahasiswa serta dosen. Adanya kebun ini lebih memantapkan mahasiswa dalam menyerap ilmu pertanian, penggunaan pupuk, serta lain-lainnya. Kebun juga dilengkapi dengan rumah setengah bayang serta alat-alat yang diperlukan.




Copyright © 2016 UMSB.