Selasa, 22 Agustus 2017

Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                    Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                  

UMSB Tingkatkan Kualitas Dosen


Padang, Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB) terus berupaya meningkatkan kualitas dosen, dengan menggelar pelatihan Applied Approach (AA) mandiri kerjasama UMSB de- ngan Kopertis Wilayah X. Acara digelar mulai 27 Februari sampai 1 Maret di aula UMSB Padang. Pelatihan ini juga diikuti oleh  Dosen Internal UMSB dan utusan dari STMIK Indonesia Padang, Universitas Taman Siswa, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Padang, STIKIP Adzkia, STIKES Nan Tongga, dan Universitas Islam Kuantan Senggigi Tembilahan Riau. “Semoga terwujud Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berdaya saing. Palatihan ini akan menjadi penambah kemampuan mereka di masa datang,” kata Wakil Rektor I UMSB Ir. Hariadi, M.Eng, seusai acara pembukaan, Senin (27/2).

Ia mengatakan, pelatihan yang sudah kedua kali ini, telah memberikan hasil kontribusi positif bagi peserta. Maka dari itu, 56  dosen Internal UMSB dan 21 dosen dari PTS lain dilingkungan Kopertis Wil X ikut lagi di pelatihan kedua. “Selama tiga hari ini, mereka akan banyak menerima materi terkait metoda pengajaran yang inovatif, manajemen mutu pelajaran, pengelolaan kurikulum, dan lainnya,” tambahnya.

Sementara Ketua BPH UMSB RB Khatib Pahlawan Kayo mengatakan, peningkatan kualitas dosen merupakan satu keharusan. Pi- haknya sangat mendukung program ini, karena manfaatnya sangat besar.

“Jika dosennya kritis, maka akan lahirnya mahasiswa yang kritis,” ujarnya.

Ia berharap para peserta jangan terpaku dengan latar belakang ijazah, tapi interaksi dosen dan mahasiswa merupakan seni yang harus dipelajari. Seni menghadapi orang dewasa, teentu berbeda dengan menghadapi siswa.
Hadir sebagai pemateri Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Herri, M.BA dan pembicara berkompeten lainnya. Para peserta tampak serius mengikuti setiap sesi yang diberikan pemateri.