Selasa, 22 Agustus 2017

Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                    Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                  

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT “MENGGELIAT MAJU SEIRING DIBANGUNNYA GEDUNG BARU”


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

“MENGGELIAT MAJU SEIRING DIBANGUNNYA GEDUNG BARU”

Padang_Pasang surut perjalanan UM Sumatera Barat, membuktikan keteguhannya menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang masih bisa tetap bertahan seiring banyaknya persoalan yang dihapadi. Dalam usianya yang ke-61 tahun (1955), UM Sumbar terus menggeliat maju. Dibawah kepemimpinan rektor Dra. Novelti, M.Hum, sudah banyak program dan kegiatan yang dilakukan, mulai dari memperbaiki tata kelola, mempersiapkan SDM dan rasana dan prasarana penunjang lainnya. Di UM Sumatera Barat terdapat 9 fakultas terdiri dari 22 program studi, dan 1 program pascasarjana. Tahun 2017, diberikan kepercayaan oleh dikti untuk 2 fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi dengan prodi Matematika, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan prodi Ilmu Politik. Maka jumlah fakultas menjadi 11 fakultas, 1 pascasarana dan 25 prodi yang tersebar di Empat (4) daerah di Sumatera Barat (Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh).

UM Sumbatera Barat menyadari kebutuhan masyarakat terhadap pengelolaan perguruan tinggi yang baik dan mendapat akreditasi bagus, maka civitas akademika dipicu untuk mempersiapkan semua potensi yang ada, mulai dari pembenahan LPjM, LPPM sampai ke fakultas dan prodi. Para tenaga edukatif juga disupport untuk melakukan berbagai macam penelitian dan pengabdian, dan tenaga administratif diberikan pembinaan bersama Badan Pembina Harian (BPH) agar pelayanan berjalan lebih baik. Alhamdulillah, berkat kerjasama seluruh pihak, jumlah program studi yang terakreditasi B menjadi 14 tahun 2016, dari yang sebelumnya 3 prodi, yang sedang proses pengurusan akreditasi ada 8 prodi dan 2 prodi masih terbilang baru.  

Disamping itu, profesionalitas dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia juga terus dipacu, diperkirakan pada tahun 2018 -2019, UMSumbar akan panen doktor dari berbagai bidang ilmu keahlian dan lulusan luar dan dalam negeri. Dari catatan kami, ada 19 dosen yang sedang lanjut studi, baik itu di Sumatera Barat, Pulau Jawa, Jepang, Australia dan Inggris. Jika semuanya sudah kembali, UMSumbar memiliki doktor 34 lebih kurang ditambah yang sudah berkiprah saat ini. Namun tidak hanya berhenti disitu, UMSumbar juga memicu peningkatan fungsional dosen, maka untuk tahun 2016 saja, sudah tercatat telah terjadi peningkatan kepangkatan dosen yang sebelumnya agak lambat dalam proses pengurusannya. Itu juga dampak dari workshop, pembekalan dan pelatihan yang diberikan terutama bagi dosen muda, termasuk melaksanakan Pelatihan Applied Approach Mandiri (AA) kerjasama dengan Kopertis Wilayah X.

Begitu juga usaha yang sudah dilakukan untuk peningkatan kepangkatan dosen yang sebelumnya banyak diantara dosen yang tidak termotivasi untuk mengurusnya, namun berkat bantuan Kopertis Wilayah X, usaha yang dilakukan untuk peningkatan fungsional dosen mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Pembenahan tidak berhenti sampai disitu, atas bantuan dan dukungan yang besar dari PP Muhammadiyah, ditunjuk lah tim konsorsium untuk percepatan pengembangan UMSumbar, yaitu Universitas Muhammadiyah Malam (UMM), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan (UAD), dan Universitas Prof. H. Buya Hamka Jakarta (UHAMKA). Konsorsium secara bergantian membantu UMSumbar mendirikan bangunan 6 lantai di Kampus III Jln. By Pass Pasar Aur Kuning Kota Bukittingi. Bangunan ini akan ditempati oleh 4 fakultas yang ada di sana, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan/MIPA dan Fakultas Pariwisata.

Pendirian bangunan itu telah dimulai sejak pertengahan Tahun 2016, peletakan batu pertamanya dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah Bapak Dr. H. Haidar Nashir, M.Ag. Sekarang sudah masuk pengecoran lantai IV, di rencanakan Tahun Akademik 2017/2018 bangunan ini sudah bisa digunakan. Semua dibangun dengan cara swakelola memanfaatkan potensi dan tenaga yang ada di UMSumbar, “kami tidak akan sia-siakan bantuan dan kesempatan mulia ini, bantuan dan dukungan dari semua pihak, PP Muhammadiyah, UMM, UMS, UAD, UHAMKA dan pihak lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu, mewujudkan impian kami selama ini, terimakasih untuk semuanya” ungkap Novelti dalam sebuah kesempatan.

Tentu kami tidak lupa juga dengan peningkatan pelayanan, sistem informasi akademik bagi mahasiswa dan dosen sudah kami lakukan secara online, desentralisasi keuangan, dan pelayanan administasi. Karyawan tahap demi tahap selalu diberikan bimbingan, tenaga edukatif juga, bahwa proses akademik itu sebenarnya adalah antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, maka pelayanan utama ada di tangan dosen. Pembinaan ini dilakukan dua kali seminggu, narasumbernya melibatkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Badan Pembina Harian serta akademi yang berpengalaman di bidang kepemimpinan.

Semua yang dilakukan adalah bukti keinginan kami untuk mencapai visi, menjadi Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan Nilai-nilai Islami dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kami menyadari banyak pembenahan yang harus dilakukan disana-sini, namun kami menyadari asal semua kita kerjakan secara bersama-sama tujuan yang akan kita capai selangkah demi selangkah akan tercapai.  (Humas: Ilham)