Senin, 23 Oktober 2017

Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                    Universitas terkemuka di Sumatera yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi                  

Fakultas Agama Islam

KKDM

KKDM (Kuliah Kerja Dakwah Mahasiswa) adalah kegiatan yang dilakukan pada Semester Ganjil setelah Ujian Akhir Semester setiap tahun oleh mahasiswa baru. Kegiatan yang dilakukan untuk KKDM berupa pengabdian kepada masyarakat seperti mengajar di TPA/SD, sekolah-sekolah, berda’wah, goro, perlombaan, dan kegiatan masyarakat lainnya. Rentang waktu KKDM yang dilakukan biasanya selama 7-14 hari.

KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan mahasiswa pada semester VII yang dilakukan setelah menyelesaikan perkuliahan dan Ujian Akhir Semester pada semester VI. Umumnya daerah yang dipilih adalah daerah-daerah binaan Muhammadiyah. Kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk pengabdian masyarakat berupa pengembangan keterampilan mahasiswa dalam bermasyarakat, berorganisasi (seperti pemuda, karang taruna, nagari, dan pemerintahan), mengajar dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah, pembenahan tempat ibadah, berda’wah, dan lain sebagainya. KKN diadakan selama 40-50 hari. 

PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diadakan setelah KKN, yang juga masuk kepada kurikulum pada semester VII. PPL diadakan di SLTP dan SLTA sederajat dan biasanya dilakukan di Sekolah Muhammadiyah.