info@umsb.ac.id (0751) 482274

Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Selasa 15 Maret 2022

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat merupakan salah satu Perguruan Tinggi tertua di Sumatera Barat bahkan di Indonesia. Lahir pada tahun 1955, pada awalnya UM Sumatera Barat merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi Muhammadiyah yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Barat.

Dalam perjalananya UM Sumatera Barat terus berusaha dan tetap konsisten dalam menjadi Universitas unggul berbasis kearifan lokal dalam pembinaan Iman dan Taqwa serta IPTEKS hingga tercipta mahasiswa berkarakter yang melahirkan lulusan berdaya saing global disetiap disiplin ilmu yang ditekuni.

Dalam mencapai tujuan tersebut UM Sumatera Barat didukung oleh Dosen dan Karyawan terbaik dibidangnya, hingga akhirnya UM Sumatera Barat berhasil meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik kedua di Sumatera Barat, versi UniRank dan Webometrics.

Saat ini UM Sumatera Barat memiliki 12 Fakultas dengan 25 Program Studi ditambah 1 Profesi Ners yang siap menciptakan lulusan emas dengan jiwa wirausaha berintegritas.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan saksi serta bagian dari sejarah perkembangan UM Sumatera Barat yang berdiri dikompleks Kauman Kota Padang Panjang.

VISI

Mewujudkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terkemuka berbasis kearifan lokal dalam pembinaan Imtaq dan pengembangan Ipteks di bidang pendidikan untuk kemaslahatan umat

MISI

1. "FKIP terkemuka" adalah FKIP yang memiliki tata kelola yang baik yang meningkatkan mutu secara berkelanjutan sehingga mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

2. "berbasis kearifan lokal" adalah Berbasis nilai-nilai luhur budaya minangkabau (ABS-SBK, inklusif, wirausaha dan tanggap terhadap perubahan)

Indikator: kurikulum prodi, hasil tracer study, hasil penelitian dan publikasi ilmiah

3. "Pembinaan imtaq" adalah usaha untuk mengaplikasikan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT berdasarkan ajaran-ajaran islam sebagaimana dipahami oleh Muhammadiyah berdasarkan manhaj Tarjih.

Indikator: Peningkatan Implemantasi nilai-nilai AIK oleh seluruh pemangku kepentingan FKIP.

4. "Pengembangan ipteks" adalah usaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni berbasis sumber daya khas minangkabau.

Indikator: hasil penelitian dan publikasi ilmiah

5. "untuk kemaslahatan umat" merupakan salah satu tujuan visi.

Indikator: hasil penelitian dan pengabdian yang diaplikasikan di masyarakat.

 

Program Studi Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

S1 - Pendidikan Matematika

S1 - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

S1 - Pendidikan Bahasa Inggris

 

Untuk mendaftar di FKIP klik link berikut ini pmb.umsb.ac.id

Website Resmi :Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274