info@umsb.ac.id (0751) 482274

Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-238, Ini Harapan Akademisi Pariwisata

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,22 Desember 2022 12:22:00
Dibaca: 1035 kali

Humas UM Sumatera Barat – Hari ini, Kamis 22 Desember 2022, Kota Jam Gadang merayakan Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-238. Sebagai Kota Pariwisata, Bukittinggi telah banyak berkembang. Berbagai objek wisata telah mengalami peremajaan dan bersifat kekinian.

Lalu seperti apa harapan dunia pariwisata ke depan di mata akademisi pariwisata?

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Moch.  Abdi, menilai selama dua abad lebih usia Bukittinggi, telah terbukti menjadi magnet bagi masyarakat dalam memanjakan hari-hari mereka di Kota Tua ini.

Tidak hanya itu, Bukittinggi juga pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia, menjadi nadi republik, serta menjadi penyambung nafas NKRI. Menurutnya, sepanjang waktu, Bukittinggi selalu menjadi daya tarik, terlepas dari ikon Bukittinggi sebagai kota wisata.

“Keinginan kebanyakan orang untuk datang ke kota ini telah jauh hadir, sebelum Bukittinggi di canangkan sebagai kota wisata,” ujar Moch. Abdi.

Menurutnya, value utama bagi wisatawan untuk berkunjung adalah keelokan negeri dan kesejukan alam.

Selain itu, juga karena keaneka ragaman destinasi, keunikan landskip kota, dan cita rasa kuliner, di tambah dengan keramahan penduduk.

Moch. Abdi menilai Industri pariwisata juga cukup berkembang, mulai dari industri akomodasi, tour operator, ekonomi kreatif, yang melengkapi Bukittinggi menjadi destinasi favorit di ranah Minang.

“Harapan tentu akan selalu hadir, di saat optimisme selalu mengiringi semangat untuk menjadikan kota ini menjadi semakin lebih baik,” ujarnya.

Ia melanjutkan, berbagai prestasi yang di raih oleh Bukittinggi berdampak pada branding Bukittinggi menjadi semakin kuat, dan semakin membuat orang kebanyakan penasaran untuk datang ke Bukittinggi.

Kemudian menjadikan pariwisata sebagai prioritas dalam pembangunan, yang menurutnya selama ini sudah sangat jelas terlihat pada kasat mata. Selain itu, pembangunan sumber daya manusia pariwisata menurut Abdi tentu tidak kalah penting.

Harapan Pariwisata Bukittinggi Ke-depan
Menurut  Abdi, pariwisata kuncinya adalah pelayanan dan kepuasan yang berujung pada kenangan.

“Hal ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi kita bersama. Sudah sejauh mana peran-peran pelayanan ini di maksimalkan oleh segenap pihak di kota ini, dalam rangka memberikan kepuasaan pada wisatawan,” tutur Abdi.

Kemudian selalu mengedepankan inovasi berbasis kearifan lokal, dengan tetap menjaga struktur sosial masyarakat yang heterogen.

“Semangat gerak bersama dari segenap komponen menjadi modal utama untuk mewujudkan berbagai harapan masa depan yang lebih baik,” ulasnya.

“Begitu juga dengan sinergi, kolaborasi dan tentu kolaborasi berbagai pihak sangat penting dalam membangun kota ini dengan kesepakatan dan kesepahaman yang komprehensif,” tutupnya.

(H)

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat  

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274