info@umsb.ac.id (0751) 482274

Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat Lakukan Pengabdian Masyarakat Di Nagari Suguntua

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,29 Desember 2022 09:30:00
Dibaca: 419 kali
Dokumentasi Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat

Humas UM Sumatera Barat – Para dosen Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Nagari Siguntua Kabupaten Pesisir Selatan yang menjadi bagian dari tugas dosen dalam catur dharma perguruan tinggi.

Nagari Siguntur Muda memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah terutama dari sektor kehutanan dan pertanian, salahsatu hasil pertanian masyarakat adalah komoditi gambir. Tanaman gambir di Siguntua merupakan terbesar kedua di Sumatera Barat setelah Kabupaten 50 Kota. Secara geografis memang Nagari Siguntua dikelilingi bukit dan masyarakat setempat memanfaatkan hutan sebagai mata pencarian dengan menanam gambir dan tumbuhan MPTS (Multi Purpose Tree Species) sehingga kemudian Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pendampingan atau pengabdian tentang bagaimana mengolah hasil hutan dengan baik.

Sasriadi, S.Pd., M.Pd selaku Walinagari Siguntua menyampaikan bahwa kami atas nama pemerintah dan masyarakat kanagarian Siguntua sangat bersyukur kegiatan ini diadakan di Nagari kami, karena banyak pelajaran yang terkandung dalam kegiatan ini yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga anak-anak di kanagarian ini.

“UM Sumatera Barat merupakan Universitas yang sangat luar biasa. Kami dari segenap pemerintah dan masyarakat kanagarian Siguntua, jika ada kegiatan UM Sumatera Barat khususnya Fakultas Kehutanan, maka dengan tangan terbuka kami akan menerima di kanagarian Siguntua,” Ujar Sasriadi.

Selain itu, Dekan Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat Dr. Teguh Haria Aditia Putra, MP menyampaikan, terimakasih Bapak Wali Nagari Siguntua beserta perangkatnya, hari ini kita akan melakukan penanaman dipinggiran sungai dan memberikan 3.000 bibit (Jengkol, Petai, Alpukat dan Mahoni) kepada masyarakat Siguntua, sesuai dengan tema kita “menumbuhkan akhlakul karimah dalam pengelolaan alam, kemudian hutan nagari siguntua ini berada dekat dengan Kawasan hutan lindung, sehingga penting untuk menanam tanaman MPTS dalam menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat, agar hutan terjaga, masyarakat sejahtera, tambah Dr. Teguh Haria Aditia Putra, MP.

Ketua kerjasama Dr. H. Marganof menyebutkan, harapan kami kedepan Nagari ini bisa menjadi nagari binaan Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat, sehingga kita bisa memberikan edukasi dan fokus untuk meningkatkan hasil perekonomian masyarakat sekitar hutan terutama di sektor kehutanan dan pertanian mulai dari bagaimana mengelola potensi wisata yang ada, serta bagaimana memaksimalkan hasil tani sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat atau kedepan hutan nagari Siguntua ini menjadi hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan UM Sumatera Barat,” ujar Dr. Marganof.

(Rilis)

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat 

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274