info@umsb.ac.id (0751) 482274

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas Menutup Musywil ke 42 Sumatera Barat

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,28 Desember 2022 09:44:00
Dibaca: 80 kali
Dokumentasi Oleh : Sandra Putra

Humas UM Sumatera Barat – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Anwar Abbas, MM., M.Ag  secara resmi menutup musyawarah wilayah (musywil) ke 42 Muhammadiyah Sumatera Barat di Kampus I Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) Kota Padang pada Ahad sore (25/12).

Musywil ke 42 Muhammadiyah Sumatera Barat yang berlokasi di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA kampus I UM Sumatera Barat ini terlaksanan dengan baik dan menghasilkan keputusan strategis.

“Pandai-pandailah membawa bahtera ini untuk membuat Muhammadiyah Sumatera Barat menjadi Muhammadiyah yang diperhitungkan” demikian pesan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas kepada Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Bachtiar.

“Dalam konflik ada tesa, anti tesa dan sintesa, maka jika ada perbedaan jangan dimatikan” kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah melanjutkan.

“Ada sebuah tradisi di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat yang patut ditiru, yakni mengadakan rapat setiap hari Selasa pukul 10.00 sampai 13.00 WIB, sehingga permasalahan ummat bisa dipecahkan secara kontiniu” lanjut Anwar Abbas yang juga pernah menjadi Sekretaris Umum MUI Pusat ini.

Musywil ke 42 Muhammadiyah Sumatera Barat telah menetapkan 13 orang PWM periode 2022-2027 yang dipimpin oleh Dr. Bakhtiar, M.Ag selaku ketua dan Drs. Apris Yaman, MM sebagai sekretaris. Dr. Bakhtiar, M.Ag sebelumnya dikenal sebagai Wakil Ketua PWM Sumatera Barat dan Drs. Apris Yaman, MM sebelumnya adalah Ketua Kwartir Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Sumatera Barat.

Menariknya PWM Sumatera Barat 2022-2027 ini adalah dari 13 orang unsur pimpinan, ternyata 11 orang merupakan wajah baru sedangkan 2 orang lainnya adalah PWM periode 2015-2022. Disamping wajah baru, PWM Sumatera Barat juga diisi oleh generasi muda yang energik dari berbagai latar belakang, bahkan Ketua PWM Dr. Bakhtiar, M.Ag baru berusia 46 tahun.

Adapun susunan PWM Sumatera Barat selanjutnya adalah Sobhan Lubis yang juga merupakan Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatera Barat, kemudian Drs. H. Marhadi Efendi, M.Si Dosen Politeknik Aisyiyah Sumatera Barat. Selanjutnya ada Ki Jal Atri Tanjung, S.Pd, SH, MH seorang advokat asal Aia Bangih.

Berikut ada Dr. Murisal, S. Ag., M.Pd sebelumnya merupakan Ketua Majelis Pendidikan Kader,  Kemudian ada Ir. Yosmeri Yusuf seorang pengusaha dan pengamat politik dan sosial pemerintahan, Dr. H. Firdaus An, M.H.I yang merupakan Dekan Fakultas Agam,a Islam UM Sumatera Barat. Dr. Zam Rais seorang pengamat terorisme yang juga anggota Senat UM Sumatera Barat. Abdul Salam, S. Ag., M.Hum yang sebelumnya sebagai Ketua Majelis Tabligh, Muhammad Najmi yang dikenal sebagai anggota Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus pengusaha muda sukses. Dr. H. Zaitul Ikhlas, M.Si sebagai seorang mubaligh kondang juga dipercaya menjadi PWM Sumbar.

Hal menarik selanjutnya dari PWM Sumatera Barat periode 2022-2027 yakni munculnya pemimpin dari daerah, Dr. H. Ismail Novel, M. Ag yang sebelumnya di amanahkan menjadi Ketua PDM Bukittinggi.

“Kita optimis dengan berbagai latar belakang dan profesi PWM sekarang, semoga bisa menjawab tantangan kedepan” ujar Ketua PWM Sumbar 2022-2027 Dr. Bakhtiar, M.Ag.

Dr. Sar Aini, M.Pd selaku Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumbar 2022-2027 juga menyampaikan “Pimpinan hari ini harus dua kali lipat lebih kuat dari pimpinan yang lalu”.

Ketua Panitia Musywil ke 42 Muhammadiyah Sumatera Barat Drs. H. Nurman Agus dalam penutupan acara ini menyampaikan “Jika ada kesalahan, itu adalah kesalahan panitia, namun jika acara ini sukses, itulah kesuksesan kita bersama”.

Disamping melahirkan suksesi kepemimpinan secara baik, Musywil ke 42 Muhammadiyah Sumatera Barat juga menghasilkan keputusan penting lainnya berupa program kerja dan isu-isu strategis yang akan di “menej” oleh nakhkoda baru.

Sesuai temanya “Memajukan Sumatera Barat Mencerahkan Umat”, saat ini terdapat 137 sekolah di Sumatera Barat terdiri dari SD, MI, MTs, SMA, MA, SMK dan Pondok Pesantren yang merupakan aset besar serta potensi untuk pembangunan sumber daya manusia.

(*)

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat 

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274