info@umsb.ac.id (0751) 482274

Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat Berangkatkan 14 Mahasiswa Prodi Perhotelan ke Bintan

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,13 Januari 2023 02:54:00
Dibaca: 53 kali

Humas UM Sumatera Barat - Praktek kerja lapangan merupakan kegiatan intrakulikuler yang wajib dilakukan mahasiswa Program Studi Diploma IV Perhotelan dan Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata. Praktek kerja lapangan merupakan implementasi keilmuan dan bidang studi yang dimiliki mahasiswa pada dunia kerja yang sebenarnya. Konsentrasi Praktek Kerja Lapangan mahasiswa Program Studi Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata & Perhotelan Fakulta Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat  yakni pada usaha akomodasi, restaurat, travel agent, objek wisata hingga dinas pariwisata Provinsi/Kabupaten/Kota. Bobot SKS PKL adalah 9 SKS yang dilaksanakan kurang lebih selama 6 bulan, Peserta PKL adalah mahasiswa semester IV dan VI. Adapun tempat PKL ditentukan oleh Program Studi dan mahasiswa melalui  permohonan oleh fakultas ke tempat tujuan PKL. Selama PKL berlangsung pembimbingan didampingi oleh seorang dosen Program Studi serta pembimbing dari tempat PKL berada.

Melalui praktek kerja lapangan yang dilakukan mahasiswa dapat diperoleh pengalaman praktis di dunia kerja serta dapat melakukan pengkajian terhadap penerapan keilmuan dan teori yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran di perguruan tinggi. Dengan demikian, pelaksanaan praktek kerja lapangan dapat menjadi jembatan antara lembaga pendidikan tinggi semacam Program Studi Diploma IV Usaha Perjalanan Wisata dan Diploma IV Perhotelan sebagai lembaga yang menghasilkan Sarjana Terapan dibidang Pariwisata.

Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat dalam hal ini selalu berupaya memperluas jaringan kerjasama dalam rangka mensukseskan program PKL ini dengan banyak dunia industri terkait. Hal ini dilakukan untuk dapat memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa fakultas pariwisata dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah sehingga nanti bisa dengan mudah memperoleh pekerjaan yang tepat dibidang pariwisata, membuka usaha bidang pariwisata maupun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata II.

Fakultas Pariwisata mengirim 14 orang mahasiswa program studi DIV perhotelan semester IV dan VI ke Nirwana Hotel Resort dan ke Grand Lagoi Hotel untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan selama 6 bulan kedepan, mahasiswa yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan ke Pulau Bintan ini sudah melalui proses seleksi administrasi dan interview oleh Hotel bersangkutan. Praktek Kerja Lapangan ini dimulai dari tanggal 13 Januari hingga 12 Juli 2023. Praktek Kerja Lapangan kali ini di bimbing oleh Ibu Rilla Rianty, S.Hum., M.Par.

(*) 

***

Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat   

***

 

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274