info@umsb.ac.id (0751) 482274

Jadikan Nyarai Sebagai Tempat Praktek Lapang Mahasiswa Fakultas Kehutanan UMSB

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,18 Januari 2023 11:52:00
Dibaca: 62 kali
Mahasiswa Kehutanan UM Sumbar Angkatan 2019 dan 2021 beserta Dosen dan Asisten Lapangan

Humas UM Sumatera Barat - Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat telah menyelenggarakan Praktek Lapangan pada tanggal 14-15 Januari 2023 pada angkatan 2019 dan 2021 yang berlokasi di Nyarai Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Praktek ini diikuti sebanyak 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 mata kuliah diantaranya mata Kuliah Ekologi Hutan, Perlindungan Hutan, serta Manajemen Satwa Liar & Dinamika Populasi.

Praktek dari awal hingga akhir selalu didampingi dan mendapatkan bimbingan dari 2 Asisten Praktek serta dosen pengampu mata kuliah. Target yang musti dicapai mahasiswa selama praktek lapangan adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah dan mengerti tentang gambaran lingkup pekerjaan di bidang kehutanan.

Gusmardi selaku dosen pengampuh menyampaikan bahwa kita memiliki sumber daya hutan yang luas dan berlimpah. Kelebihan itu yang harus dimanfaatkan oleh Mahasiswa Kehutanan UM Sumatera Barat untuk dapat lebih mengenal hutan dan kondisi hutan. Untuk dapat mengenal hutan secara mendalam tentunya harus banyak terjun ke lapangan (hutan), salah satu medianya adalah praktek lapangan. Semakin banyak melakukan praktek di hutan diharapkan mahasiswa akan menjadi seorang forester yang tangguh, menguasai medan di hutan, mampu memanfaatkan teknologi navigasi, mengenal tipikal hutan yang ada dengan segala sumber dayanya dan mampu melakukan analisa terhadap kondisi hutan secara ekologi, sosial, dan ekonomi dan sanggup mencari solusi dari permasalahan hutan (Problem solving),”ujarnya.

Disisi lain Fauzan selaku dosen mata kuliah Manajemen Satwa liar menyatakan dengan melukakan pengaturan terhadap pengolahan hutan di daerah tersebut maka secara tidak langsung sudah menjaga kelestarian satwa di daerah tersebut,”ujarnya.

Praktek ini harus menjadi nilai tambah, baik dari segi ilmu dan pengalaman kerjasama di lapangan (teamwork). Serta ada hal lain yang diharapkan menjadi nilai tambah dari pelaksanaan kegiatan ini khususnya bagi para praktikan adalah kebersamaan, dan jiwa korsa kehutanan yang selalu di terapkan,” Ujar Eko selaku dosen.

Rilis

 

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat  

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274