info@umsb.ac.id (0751) 482274

Akserelerasi Dan Workshop AIK Sesuai AMI

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,17 Maret 2023 02:59:00
Dibaca: 219 kali

Humas UM Sumatera Barat - Lembaga Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyah (LPIM) UM Sumatera Barat mengadakan kegiatan akselerasi dan workshop AIK sesuai AMI, pada Kamis, 15 Maret 2023 di Convention Hall Prof. Dr. Syafii Maarif, MA

Kegiatan akselerasi dan workshop AIK diadakan dua sesi, akselerasi sesi pertama di ikuti oleh ketua lembaga, direktur pascasarjana, dekan, kaprodi, dosen AIK, kabag keuangan dan kabag akademik di lingkunggan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Sesi kedua acara workshop AIK sesuai AMI yang di ikuti oleh seluruh dosen AIK di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Pada sesi pertama Drs.Marhadi Efendi, M.Si Sekretaris BPH UM Sumatera Barat mengatakan akselerasi dalam pembinaan AIK di perguruan tinggi merupakan prasayarat mutlak untuk terwujudnya tujuan yang di capai. Tujuan pembinaan AIK akan bisa terwujud jika dilakukan secara bersama-sama oleh pemangku kepentingan.

Jadi akselerasi pembinaan AIK bisa tercapai jika setiap elemen di perguruan tinggi ikut serta dalam pembinaan AIK, mulai dari pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa. Tidak hanya LPIM atau BPH saja tetapi mulai dari tinggakat fakultas harus menerapakan AIK tersebut agar terwujudnya kampus islami.

Sesi pertama juga di samping oleh Ketua LPIM Dr. Ahmad Lahmi, MA, Sekretaris LPIM Syamsurizal, SHI., M.A dan Koordinator Kampus Islami LPIM Hendri Novigator,  S.Psi.I., M.Pd.

Dalam kesempatan ini LPIM membuka diri dan menerima masukan dari para peserta agar kinerja LPIM lebih baik lagi. Diantaranya agar LPIM membuat pedoman atau panduan standar pembinaan AIK di tingkat fakultas agar semua fakultas memiliki standar mutu yang sama untuk diterapakan agar tidak terjadi ketimpangan.

Sementara itu sesi kedua dibuka pada pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Sesuai aturan AMI Worskshop AIK hanya diikuti pesertanya dari dosen AIK di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang di  dipimpin oleh koordinator bidang kajian LPIM Dr. Ilham, MA dan Dr. Syaflin Halim, MA di bidang pengembangan SDM LPIM yang mengahasikan:

  1. Memasukan 4 item dalam presentasi hari yaitu 20 % dan kurikulum berkoordinasi dengan bagian akademik untuk memasukan bidang BTQ, bidang Ibadah, bidang Pakaian, bidang akhlak kedalam batas kuliah dosen di siak.
  2. Dosen AIK IV Prodi di dampingi oleh LPIM karna materi AIK berkaitan dengan materi prodi.
  3. Untuk menciptakan Kampus Islami Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sosialisasikan standar pakaian yang harus di gunakan oleh dosen karyawan dan mahasiswa menggunakan SK rektor, audiovisual, dan aturan tertulis.
  4. Hari bermuhammadiyah dilaksanakan hari Jumat perkuliahan pada jam 13.30
  5. Rekomendasi ke senat Sertifikat BA middle
  6. Rekomendasi Menyediakan bidang AIK dalam penelitian 30%

(Rilis)

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274