info@umsb.ac.id (0751) 482274

Tunjang Prestasi Mahasiswa UM Sumatera Barat Launching dan Sosialisasikan Aplikasi Sikpema

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,17 Maret 2023 11:39:00
Dibaca: 238 kali

Humas UM Sumatera Barat - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat launching dan sosialisasikan aplikasi Sistem Informasi Kredit dan Prestasi Mahasiswa (Sikpema). Melalui aplikasi ini universitas akan mengetahui setiap kegiatan dan prestasi yang diraih oleh Mahasiswa. Launching dilaksanakan di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA yang dilanjutkan dengan sosialisasi secara maraton di 4 kampus UM Sumatera Barat.  Selasa, 14 Maret hingga Kamis 16 Maret 2023.

Rektor UM Sumatera Barat Dr. Riki Saputra, MA melalui Wakil Rektor III Moch. Abdi,SE., MM mengatakan UM Sumatera Barat selaku dan terus berupaya meningkatkan pelayanan pada mahasiswa. Pada semester ini Mahasiswa akan diberi hadiah dengan menghadirkan aplikasi Sikpema yang bisa dingunakan sebagai sarana rekam jejak prestasi Mahasiswa.

Aplikasi ini diperuntukan khusus untuk  angkatan 2022 /2023. Output dari penggunaan aplikasi ini berupa skor penilaian yang akan jadi acuan mahasiswa untuk bisa yudisium.  Maksudnya agar mahasiswa terpacu untuk mengasah kemampuan di bidang akademik memiliki kemampuan non akademik sebagai persiapan fase masa depan agar tidak bingung mau kemana setelah tamat nantinya, ujarnya.

Selain itu bagi Mahasiswa yang mampu meraih skor tertentu, kampus akan memberi reward berupa beasiswa aktivis sesuai surat keputusan Rektor UM Sumatera Barat nomor 0216/KEP/I.0/C/2023. Beasiswa yang diberikan mulai daro Rp. 500.000 hingga Rp. 2000.000.

Sementara itu Reyhan Respati mengatakan aplikasi ini bisa merekap dan mengatahui kegiatan mahasiswa mulai dari mereka jadi mahasiswa baru hingga lulus nantinya. Khusus bagi mahasiswa angkatan 2022 / 2023 mereka wajib mengumpulkan skor minimal 60 point untuk bisa mengajukan ujian akhir skripsi, ujarnya.

Reyhan menjelaskan ada banyak kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa untuk mencapai skor minimal tersebut seperti kegiatan penalaran ilmiah, seminar, PKM, P2MW, PPK Ormawa, aktif dilembaga kemahasiswaan atau menjuarai berbagai perlombaan, dan banyak lainnya, jelasnya.

Disampng itu Heru staf UPT IT UM Sumatera Barat selaku pencipta aplikasi mengatakan jika ide tersebut lahir dari percapakannya dengan bagian Akademik Universitas yang menginginkan agar setiap kegiatan mahasiswa terekap secara sistemasi. Berangkat dari situlah Heru membangun aplikasi Sikpema ini yang dia selesaikan dalam waktu lebih kurang  1 tahun.   

Frans Fradinen

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274