info@umsb.ac.id (0751) 482274

Jajaki Program Magang Internasional, UM Sumatera Barat Jalin Kerjasama Dengan Jepang

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Senin,27 Maret 2023 11:56:00
Dibaca: 367 kali
Dokumentasi Oleh : Igo Prasetio

Humas UM Sumatera Barat - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat terus berupaya melakukan internasionalisasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Terbaru, UM Sumatera Barat menjalin kerjasama dengan sebuah NGO dari Jepang, bernama IPESA (International Person Exchange Support Association).

Penandatangan MoU dilakukan pada Sabtu, 18 Maret 2023, di kampus III UM Sumatera Barat yang berada di Kota Bukittinggi. Hadir langsung pada acara tersebut Executive Director IPESA Ariga Akinori. Ariga didamping oleh rekannya Tomtasu Matsuzawa dan representative IPESA untuk Indonesia, Ilfa Yusmadi.

Dari pihak UM Sumatera Barat hadir mewaliki Rektor, Wakil Rektor I Dr. Wedi Nasrul, SE., M.Si  dan Wakil Rektor II Dr. Mursal, M.Ag. Turut hadir  tim Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) UM Sumatera Barat, beserta Dekan dan Ketua Prodi. 

Kerjasama dengan IPESA membuka kemungkinan program internship selama satu tahun di Jepang bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Pariwisata dan Fakultas Pertenanian. Nantinya mahasiswa yang terpilih internship/magang akan memperoleh gaji mencapai 20 juta/bulan selama satu tahun magang.

“UM Sumatera Barat akan menyiapkan skema khusus berbasis MBKM agar mahasiswa tetap tamat tepat waktu” kata Wedi Nasrul di sela-sela diskusi program dengan pihak IPESA.

Sementara itu Ariga Akinori menyampaikan bahwa organisasinya fokus pada memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk memperoleh pengalaman kerja di industri-industri yang ada di Jepang.

“Jepang adalah negara yang menua, sehingga perlu banyak tenaga muda untuk menjalankan ekonomi” katanya.

Dengan bekerja pada industri-industri yang ada di Jepang, mahasiswa diharapkan juga memperoleh pengalaman dan ilmu baru dari sana. Sebagai lanjutan dari penandatangan MoU ini, pihak IPESA akan memastikan berangkatnya mahasiswa UM Sumatera Barat untuk magang ke Jepang.

Dari sisi UM Sumatera Barat, internal stakeholders terkait akan bekerja bersama-sama menciptakan support system agar program ini dapat berjalan dengan baik.

(Rilis)

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274