info@umsb.ac.id (0751) 482274

Puasa Digital

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,14 April 2023 10:32:00
Dibaca: 832 kali
Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com

Humas UM Sumatera Barat – Puasa di bulan ramadhan merupakan suatu ibadah yang selalu dinanti dan rutin dilaksanakan setiap tahun oleh seluruh umat Islam. Ibadah ini adalah wujud syukur atas semua nikmat dan karunia yang sudah dilimpahkan Allah kepada insan yang menghambakan diri padanya.

Sebagai hamba Allah yang beriman, selama ramadhan kita dilatih untuk mampu mengendalikan  sisi jasmani dan rohani dalam batas waktu tertentu. Disisi lain ada sesuatu yang kita lupa, yaitu berpuasa terhadap rutinitas yang selama ini sudah menyita waktu kita, sebut saja “Puasa Digital”.

Secara umum puasa itu mengendalikan secara fisik atau jasmani, makan, minum, memelihara kata-kata, dan memelihara hati dalam batas waktu tertentu dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan tujuan menyeimbangkan kebutuhan jasmani dan rohani.

Lalu apa yang dimaksud dengan puasa digital? Yaitu kemampuan individu untuk menahan diri dari ketergantungan terhadap gadget dan berbagai hal yang ada didalamnya yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, baik penyakit batin maupun  penyakit jasmani.  Seandainya kita tidak mampu untuk mengendalikannya, maka kitalah yang akan dikendalikan oleh dunia digital dengan efek kecanduan berat.

Boleh jadi diantara kita sudah ada yang ketergantungan dalam berbagai hal yang sifatnya digitalisasi. Maka Ramadhan bisa kita jadikan momen untuk melatih diri dalam melaksanakan puasa digital. Bukan berarti kita menghindari atau menghilangkan digital, karena di zaman yang dikatakan 5.0 segala informasi bisa diraih dalam dunia digital. Namun jika tidak mampu mengendalikan digitalisasi maka itulah yang disebut sebagai sebuah kecanduan.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita untuk segera memulai puasa digital. Pertama, dunia digital sudah menyebabkan ketergantungan bagi semua lini manusia, hal ini bisa dibuktikan dengan melihat orang-orang sekitar kita yang selalu sibuk dengan gadgetnya masing-masing tanpa mempedulikan lingkungannya, hingga tidak ada lagi rasa keakraban, kekeluargaan, dan kebersamaan.

Dikhawatirkan, jika individu tidak mampu megendalikan diri terhadap dunia digital, hal ini bisa menyebabkan stres dalam waktu jangka panjang karena kuatnya rasa ketergantungan ini, dan itu sudah terbukti secara nyata dilingkungan kita bermasyarakat.

Ketergantungan digital inilah yang akan merusak fisik dan rohani. Secara batiniah ketika individu gagal mengendalikan berbagai aplikasi yang ada di dunia digital, disitulah awal mula rusaknya ukhuwah insaniah maupun islamiah, seperti meyebarkan informasi yang belum tentu benar melalui berbagai media sosial hingga menimbulkan fitnah untuk seseorang ataupun golongan tertentu.

Seterusnya jika mampu untuk berpuasa digital, maka akan tercipta ruang yang tenang, sebab mata dan otak bisa beristirahat dengan cukup. Dunia kesehatan sudah menegaskan, saat tidur tidak boleh ada perangkat digital berada didekat kita karena bisa menggangu cara kerja otak, dan akan menggangu kinerja mata serta fisik secara keseluruhan.

Puasa digital bisa membuat hidup lebih bermutu dan bermakna karena kebahagiaan sejati didapat ketika kita saling bercengkrama dan saling bercerita saat bertatap muka. Namun sekali lagi bukan berarti kemajuan teknologi harus kita hindari atau kita buang tapi lebih daripada itu bagaimana cara kita mengendalikan diri dari gemerlap dunia digitalisasi itu tadi.

Timbul pertanyaan bagaimana langkah kongkrit yang bisa bisa dilakukan untuk melaksanakan puasa digital ini?

Dalam kacamata ilmu psikologi ada dua cara yang bisa dilakukan, seperti membatasi penggunaan gadget secara berlebihan. Atau menetapkan hari tertentu untuk tidak menggunakan gadget sama sekali. Karena pada hakikatnya kita (manusia) yang mengendalikan teknologi bukan sebaliknya.

Frans Fradinen

Dikutip dari ceramah Dr. Riki Saputra, MA. Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274