info@umsb.ac.id (0751) 482274

Dukung Pelaksanaan Pemira, UM Sumatera Barat Berkomitmen Berikan Beasiswa Bagi Aktivis Kampus

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,07 Juni 2023 09:14:00
Dibaca: 126 kali

Humas UM Sumatera Barat - Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa dalam mempraktikkan demokrasi dan untuk memilih pemimpin baru yang mempunyai semangat, visi dan misi yang sesuai dengan harapan mahasiswa UM Sumbar. PEMIRA kali ini akan diselenggarakan secara luring dan butuh dukungan dari seluruh elemen mahasiswa. Semoga PEMIRA berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non akademik.

Sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan oleh Komisioner KPUM UM Sumatera Barat periode 2023, tim Komisioner KPUM UM Sumatera Barat melaksanakan sosialisasi PEMIRA secara offline untuk pemilihan Presiden dan Wakil presiden BEM UM Sumatera Barat periode 2023-2024 di kampus I Padang dan Kampus II Padang Panjang pada Selasa, 23 Mei 2023. Kemudian dilanjutkan pada Jum’at, 26 Mei 2023 di Kampus III Bukittinggi (Kelas regular) dan Kampus IV Payakumbuh dan diakhiri pada Sabtu, 27 Mei 2023 di Kampus III Bukittinggi (Kelas Non-Reguler).

Selanjutnya sosialisasi dilakukan secara online melalui media sosial instagram KPUM UM Sumatera Barat seperti @kpum_umsumbar2023. PEMIRA adalah sarana demokrasi mahasiswa UM Sumatera Barat yang di selenggarakan setiap tahun dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM UM Sumatera Barat. Sosialisasi ini dihadiri oleh mahasiswa aktif UM Sumatera Barat yang tersebar di empat kampus.

Kegiatan PEMIRA ini sejalan dengan harapan kampus untuk mendorong mahasiswa aktif dalam kegiatan organisasi. Bahkan untuk aktivis kampus, UM Sumatera Barat telah mengeluarkan surat keputusan Rektor nomor 0216/KEP/I.0/C/2023 perihal beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan kegiatan kemahasiswaan mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000. Sebagai tambahan informasi UM Sumatera Barat merupakan yang pertama dan satu-satunya kampus di Sumatera Barat yang memiliki Beasiswa ini.

Selain mendorong aktif di organisasi, kampus juga mendorong mahasiswa untuk ikut serta menggunakan hak suaranya pada PEMIRA tahun 2023. Bagi mahasiswa yang ikut memilih, akan diberikan sertifikat yang bernilai poin kredit dan bisa di klaim pada akun SIKPEMA. Bagi mahasiswa yang ingin memilih pada PEMIRA 2023, haruslah mahasiswa aktif dan wajib melakukan registrasi di platform yang telah disediakan oleh KPUM UM Sumatera Barat 2023 sebelum melakukan pemilihan, serta membawa KTM sebagai identitas mahasiswa UM Sumatera Barat. Sebagai mahasiswa, diperlukan partisipasi secara aktif agar Pemilu Raya Mahasiswa 2023 dapat terlaksana dengan sukses. Selain itu, diharapkan untuk bersama-sama mengawal terlaksananya Pemilu Raya Mahasiswa 2023 agar dapat terlaksana secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Reyhan Respati

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274