info@umsb.ac.id (0751) 482274

Spektakuler! Event Kampuang Di Hadiri Wisatawan Luar Negeri

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,23 Agustus 2023 09:39:00
Dibaca: 96 kali

Humas UM Sumatera Barat - Masyarakat Sidang Tangah Kecamatan Matur sukses gelar event Malamang. Kegiatan yang dilakukan dihalaman Homestay Roemah Saisuak pada Minggu, 20 Agustus 2023 ini berbeda dari malamang pada umumnya, sebab dalam kegiatan ini masyarakat malamang 78 batang sekaligus.

Kegiatan malamang 78 batang ini di inisiasi oleh masyarakat Sidang Tanggah bersama Walijorong dan di dukung oleh Walinagari dan Camat Matur.

Ketua Panitia Nofrizal Khatik Basa mengungkapkan, kegiatan ini di persiapan masyarakat dan pemuda serta di dukung oleh mahasiswa KKN dari Universitas Bung Hatta dan Universitas  Andalas. Disamping malamang kegiatan juga di meriahkan dengan berbagai permainan anak nagari seperti lomba manitih batang pinang, parang banta, tarik tambang, pacu upiah dan di meriahkan oleh atraksi tambua tansa dari sanggar seni Rencong Batuah.

Walijorong Sidang Tangah Agusmar menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan masyarakat terhadap tradisi dan budaya yang perlu di angkat dalam kegiatan besar seperti ini. Semangat gotong royong dan kebersamaan menjadi modal utama untuk suksesnya acara ini. Insya Allah ke depan kita akan membuat inovasi lain dalam rangka pelestarian tradisi dan budaya.

Selain itu Camat Matur, Subchan mengatakan, kita berikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat, pemuda dan mahasiswa KKN,  panitia dan Walijorong atas inisiasi kegiatan malamang 78 batang ini. Kita berharap kegiatan ini ke depan dapat kita jadikan kalender event kecamatan Matur bersama kegiatan-kegiatan di jorong dan nagari lainnya.

Kecamatan Matur dengan enam nagari memiliki banyak potensi, selama ini Nagari Lawang sudah menjadi magnet bagi wisatawan dan travel agent. Keunggulan ini tentu akan kita maksimalkan dengan pengembangan potensi-potensi lain di berbagai nagari, sehingga akan menambah waktu kunjung wisatawan di Matur ini, kata Subchan.

Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terimakasih kepada tamu wisatawan mancanegara dari Malaysia yang di bawa oleh bapak Edward Ardy selaku pimpinan travel Agent Risfi Holiday. Kemudian kepada Bapak Moch. Abdi dari Tim Pemberdayaan Desa Wisata Sumatera Barat yang turut serta mensupport kegiatan ini. Dan juga kepada Uda Erison J. Kambari, tuturnya.

Ditempat yang sama Moch. Abdi yang juga Ketua Pusat Pengembangan Desa Wisata Krearif Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat mengungkapkan, Matur memiliki keberagaman potensi daya tarik wisata alam, seni, dan budaya serta potensi lainnya. Kegiatan malamang 78 batang ini merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi dari aspek kekayaan potensi kuliner lokal. Dari persiapan kegiatan, penyelenggaraan hingga pasca kegiatan, kita melihat bagaimana kebersamaan lintas generasi membersamai kegiatan ini.

Kita support dari sisi branding dan promosi kegiatan ini ke beberapa rekan-rekan tour operator di Sumatera Barat dan  Alhamdulillah salah satu tour operator Risfy Holiday berkenan membawa tamunya yang berasal dari Malaysia untuk hadir menyaksikan event malamang 78 batang ini, ungkapnya Abdi.

Disamping itu tak kalah pentingnya juga hadir forografer kawakan Erison J. Kambari, yang sudah tentu akan turut mempromosikan event ini, tambahnya.

Kita melihat, pasca kegiatan ini yang perlu dilakukan adalah menjaga semangat, menjaga kebersamaan dan  mempertahankan energi bersama dari lintas generasi ini. Apabila hal ini dapat di jaga dan di pertahankan, bisa menjadi modal untuk menggarap berbagai potensi lainnya. Jika pada kesempatan ini kebersamaan dapat mensukseskan event malamang 78 batang, mungkin besok dapat di gerakkan untuk membuka objek daya tarik lainnya. Dan apabila destinasi berkembang di iringi dengan tata kelola yang apik, kedepan akan membuka lapangan kerja baru dan menggerakkan perekonomian. tutur Abdi.

Sebagai informasi tambahan, selain menyaksikan ketakjuban atraksi malamang, tamu mancanegara tersebut juga disuguhi berbagai tontonan permainan anak nagari, yang di akhiri dengan makan bajamba dengan menu lokal.

(*)

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274