info@umsb.ac.id (0751) 482274

Intip Perbedaan DSLR, Mirrorless dan Kamera Kompleks, Ini Yang Lebih Baik

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,20 Oktober 2023 09:39:00
Dibaca: 360 kali

Fotografi adalah seni dan ilmu mengambil gambar dengan menggunakan kamera atau perangkat perekam gambar lainnya. Ini melibatkan proses menangkap dan merekam momen, objek, atau subjek dalam bentuk gambar yang dapat dipertahankan dan dibagikan. Fotografi merupakan bentuk ekspresi yang sangat luas dan beragam, dan bisa menjadi hobi, profesi, atau alat komunikasi yang kuat.

Pemilihan kamera dan lensa memainkan peran penting dalam fotografi. Setiap kamera memiliki kelebihan dan batasan, dan pemilihan peralatan harus sesuai dengan jenis fotografi yang Anda lakukan. Kami sudah merangkum jenis kamera yang umum digunakan oleh fotografer maupun hobiis pemula hingga profesional.

Kamera DSLR

Kamera DSLR, atau Digital Single-Lens Reflex, adalah jenis kamera digital yang menggunakan cermin dan sistem lensa khusus untuk mengambil gambar. Berikut adalah beberapa komponen dan fitur utama dari kamera DSLR:

Cermin: Kamera DSLR memiliki cermin yang biasanya berada di depan sensor gambar. Cermin ini akan mengarahkan cahaya yang masuk dari lensa ke viewfinder sehingga anda dapat melihat gambar dalam waktu nyata sebelum mengambil foto.

Lensa Interchangeable: Salah satu fitur utama DSLR adalah kemampuan untuk mengganti lensa. Anda dapat memilih lensa yang sesuai dengan jenis fotografi yang ingin anda lakukan, seperti lensa wide-angle untuk fotografi lanskap atau lensa telephoto untuk memotret objek jauh.

Sensor Gambar: Di belakang cermin, ada sensor gambar digital yang akan merekam gambar saat anda memotret. Ukuran dan jenis sensor dapat bervariasi antara model kamera DSLR, dan ukuran sensor dapat memengaruhi kualitas gambar.

Pengaturan Manual: Kamera DSLR memberikan kontrol manual yang tinggi kepada fotografer. Anda dapat mengatur berbagai pengaturan seperti kecepatan rana, bukaan lensa, ISO, dan lainnya untuk menghasilkan foto sesuai dengan preferensi Anda.

Viewfinder Optis: DSLR biasanya memiliki viewfinder optis, yang memungkinkan Anda melihat subjek melalui lensa secara langsung. Ini memungkinkan Anda untuk mengkomposisi gambar dengan akurasi tinggi.

Kualitas Gambar: DSLR terkenal dengan kualitas gambar yang tinggi, terutama dalam situasi cahaya rendah dan dalam pengaturan yang berbeda. Mereka juga mendukung format file gambar yang lebih besar seperti RAW, yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam pengeditan.

Kecepatan Autofokus: DSLR biasanya memiliki sistem autofokus yang cepat dan andal, yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan fokus yang tajam.

Koneksi Eksternal: DSLR sering dilengkapi dengan port dan koneksi eksternal, seperti hot shoe untuk menghubungkan flash eksternal, serta port untuk mikrofon atau remote control.

Kamera DSLR sering digunakan oleh fotografer profesional dan hobiis yang menginginkan kendali penuh atas pengaturan fotografi mereka. Namun, mereka cenderung lebih besar dan berat dibandingkan dengan kamera mirrorless atau kompak, jadi pertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memutuskan jenis kamera yang cocok.

Kamera Mirrorless

Seperti namanya, Mirrorless adalah jenis kamera digital yang tidak menggunakan cermin seperti yang ditemukan dalam kamera DSLR. Ini adalah teknologi kamera yang lebih modern dan memiliki sejumlah fitur unik. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang kamera mirrorless:

Tanpa Cermin: Kamera mirrorless tidak memiliki cermin refleks seperti yang digunakan pada kamera DSLR. Sebagai gantinya, cahaya langsung mencapai sensor gambar.

Lensa Interchangeable: Seperti DSLR, kamera mirrorless juga mendukung lensa-lensa interchangeable. Anda dapat mengganti lensa sesuai dengan jenis fotografi yang Anda inginkan.

Ukuran dan Portabilitas: Salah satu keuntungan utama kamera mirrorless adalah ukuran dan berat yang lebih ringan dibandingkan DSLR. Mereka lebih portabel dan mudah dibawa ke mana-mana.

Sensor Gambar: Kamera mirrorless menggunakan berbagai ukuran sensor gambar yang dapat bersaing dengan DSLR dalam hal kualitas gambar. Ada model yang memiliki sensor full-frame, APS-C, dan lain-lain.

Tampilan Elektronik (EVF) atau Layar LCD: Sebagian besar kamera mirrorless dilengkapi dengan tampilan elektronik (EVF) atau layar LCD yang besar. Ini memungkinkan Anda melihat gambar dalam waktu nyata sebelum mengambil foto.

Pengaturan Manual: Seperti DSLR, kamera mirrorless juga memberikan kontrol manual yang tinggi kepada fotografer, sehingga pengguna dapat mengatur seperti kecepatan rana, bukaan lensa, ISO, dan lainnya sesuai dengan preferensi mereka.

Sistem Autofokus Cepat: Kamera mirrorless sering dilengkapi dengan sistem autofokus yang cepat dan akurat. Beberapa model bahkan memiliki teknologi deteksi fase on-sensor yang memungkinkan fokus yang sangat cepat.

Rekaman Video Berkualitas Tinggi: Banyak kamera mirrorless dirancang dengan kemampuan video berkualitas tinggi. Mereka dapat merekam video 4K atau bahkan lebih tinggi dengan berbagai pilihan frame rate.

Konektivitas: Kamera mirrorless sering dilengkapi dengan kemampuan konektivitas seperti Wi-Fi atau Bluetooth, yang memudahkan pengiriman foto dan kontrol jarak jauh melalui aplikasi ponsel pintar.

Kamera mirrorless telah menjadi populer di kalangan fotografer yang menghargai kombinasi portabilitas, kualitas gambar tinggi, dan kemampuan video. Mereka sangat cocok untuk pemula hingga profesional, tergantung pada model dan kebutuhan fotografi Anda.

Kamera Kompak

Kamera kompak, juga dikenal sebagai kamera saku atau point-and-shoot, adalah jenis kamera digital yang ringkas, mudah digunakan,  dan dirancang untuk fotografi sehari-hari yang simpel. Berikut adalah beberapa ciri khas kamera kompak:

Ukuran dan Portabilitas: Kamera kompak sangat kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Mereka cocok untuk penggunaan sehari-hari dan perjalanan.

Lensa Tetap: Kamera kompak biasanya dilengkapi dengan lensa tetap, yang tidak dapat diganti. Ini berarti Anda tidak memiliki opsi untuk mengganti lensa sesuai kebutuhan. Namun, beberapa model kompak canggih memiliki lensa zoom yang cukup serbaguna.

Otomatis: Kamera kompak sering memiliki mode otomatis yang membuatnya sangat mudah digunakan. Mereka menyesuaikan banyak pengaturan, seperti kecepatan rana dan bukaan lensa, secara otomatis untuk menghasilkan gambar yang baik dalam berbagai kondisi.

Harga Terjangkau: Kamera kompak umumnya lebih terjangkau daripada DSLR atau kamera mirrorless. Mereka merupakan pilihan yang baik untuk pemula atau mereka yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk kamera.

Kualitas Gambar: Kualitas gambar kamera kompak bervariasi tergantung pada modelnya. Beberapa kamera kompak menghasilkan gambar berkualitas baik, sementara yang lain mungkin tidak sebaik DSLR atau kamera mirrorless.

Video: Banyak kamera kompak dapat merekam video dengan kualitas yang cukup baik, meskipun mungkin tidak sebaik kamera mirrorless yang lebih canggih.

Tampilan LCD: Kamera kompak umumnya memiliki layar LCD yang digunakan untuk melihat subjek dan melihat hasil foto. Beberapa model mungkin memiliki viewfinder, tetapi ini jarang ditemukan pada kamera kompak modern.

Kamera kompak cocok untuk pengguna yang ingin kemudahan penggunaan dan portabilitas tanpa perlu terlibat dalam pengaturan manual yang rumit. Mereka ideal untuk pemotretan sehari-hari, perjalanan, atau situasi di mana membawa kamera besar dan berat tidak praktis. Namun, jika Anda mencari kontrol manual lebih tinggi atau kualitas gambar yang lebih tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kamera DSLR atau mirrorless.

Mana Yang Lebih Baik Di Antara Ketiganya?

Tidak ada kamera yang secara mutlak lebih baik daripada yang lain di antara DSLR, kamera mirrorless, dan kamera kompak. Pilihan terbaik akan sangat tergantung pada kebutuhan, preferensi, dan pengalaman fotografi Anda. Berikut beberapa pertimbangan:

DSLR: Cocok untuk fotografer yang menginginkan kontrol manual tinggi, kualitas gambar yang tinggi, dan lensa interchangeable. Ideal untuk fotografi profesional dan hobiis yang menghargai fleksibilitas dalam pengaturan dan opsi lensa.

Kamera Mirrorless: Kamera ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang menginginkan kualitas gambar tinggi dan kemudahan penggunaan, sambil tetap mempertahankan portabilitas. Mereka juga sangat baik dalam merekam video berkualitas tinggi.

Kamera Kompak: Pilihan terbaik jika Anda mencari kamera yang sangat portabel dan mudah digunakan dalam situasi sehari-hari atau perjalanan. Kamera kompak cocok untuk pengguna pemula dan untuk momen berkesan tanpa perlu keahlian teknis.

Kunci untuk memilih yang terbaik adalah pertimbangkan apa yang Anda inginkan dari kamera dan sejalan dengan anggaran Anda. Pertimbangkan juga jenis fotografi yang akan Anda lakukan. Fotografer profesional mungkin memilih DSLR atau kamera mirrorless karena mereka memerlukan kendali yang tinggi dan kualitas gambar tinggi, sedangkan pengguna yang lebih santai mungkin lebih nyaman dengan kamera kompak karena kemudahannya.

Setiap jenis kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi penting untuk melakukan penelitian, mencoba kamera, dan mempertimbangkan kebutuhan Anda sebelum membuat keputusan.

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274