info@umsb.ac.id (0751) 482274

Literasi Demokrasi ; UM Sumatera Barat Soroti Generasi Z, Cegah Hoax Jelang Pemilu

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,17 November 2023 09:57:00
Dibaca: 234 kali

Humas UM Sumatera Barat – Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat sukses menggelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar - Mafindo, kolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat. Tema kegiatan ini adalah "Pendidikan Politik dan Pengindraan Hoaks Untuk Pemilu 2024." Sekolah kebangsaan ini dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023 di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA kampus I UM Sumatera Barat.

Sekolah Kebangsaan ini diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama dipimpin oleh narasumber utama, Ory Sativa Syakban, Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat Divisi Teknis Penyelenggaraan. Dalam paparannya, Ory Sativa Syakban menyoroti fakta bahwa generasi Z, yang menyumbang 27 persen dari daftar pemilih tetap Provinsi Sumatera Barat memiliki peran kunci dalam menentukan arah politik pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, kegiatan penginderaan hoaks menjadi krusial untuk melindungi pemilih pemula dari paparan hoaks pada Pemilu mendatang.

Sesi kedua lebih fokus pada pelatihan penginderaan hoaks, di mana peserta dibagi menjadi 10 kelompok yang dipandu oleh fasilitator berpengalaman, termasuk alumni aktivis kampus dan dosen Ilmu Politik FISIPOL UM Sumatera Barat dengan materi penguatan literasi mengenai demokrasi, pemilu dan hoaks.

Kegiatan melibatkan peserta dari berbagai kalangan, terutama pemilih pemula dari siswa-siswi SMA, SMK, dan sederajat se-Kota Padang, mahasiswa, serta perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). Mereka mengikuti pelatihan penginderaan hoaks yang mencakup pemahaman tentang tahapan pemilu, demokrasi, pengindraan hoaks, dan sanksi pelaku hoaks.

Nurul Afikah, salah satu peserta Sekolah Kebangsaan, menyatakan, "Dengan mengikuti kegiatan ini, saya mendapatkan tambahan ilmu dan informasi tentang cara menangkal berita bohong dan ujaran kebencian, serta mengetahui tahapan dalam pemilu."

Sementara itu Ketua Prodi Ilmu Politik FISIPOL UM Sumatera Barat, Didi Rahmadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Prodi  Ilmu Politik sebagai lembaga mitra dalam melaksanakan Sekolah Kebangsaan. Didi Rahmadi juga berharap agar kegiatan penginderaan hoaks dapat dilakukan dengan jangkauan yang lebih luas ke depannya.

Sekolah Kebangsaan Tular Nalar ini dihadiri oleh 130 peserta dan diprakarsai oleh Mafindo, dan didukung oleh google.org. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat memanfaatkan hasil kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap hoaks, terutama menjelang Pemilu 2024.

(*)

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274