info@umsb.ac.id (0751) 482274

Menciptakan Suasana Kerja yang Berdaya Dukung: Pentingnya Ruang Tempat Bermain Anak di Kantor

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,28 November 2023 08:29:00
Dibaca: 657 kali

Mengutip data dari Indikator Pasar Tenaga Kerja Indonesia Februari 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat partisipasi tenaga kerja perempuan mencapai 54,27 persen. Data dari BPS ini menunjukkan bahwa dari 100 perempuan berusia 15 tahun ke atas, sekitar 54 orang di antaranya bekerja. Hal ini berarti setengah dari perempuan usia kerja setiap hari melakukan aktivitas di kantor, ladang, sawah, pabrik, atau pasar dengan tujuan memperoleh penghasilan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kondisi perempuan yang perlu membagi waktunya antara pekerjaan yang mendatangkan upah dan sekaligus bertanggung jawab terhadap pendidikan anak sebagai madrasah pertama bagi anak.

Perkembangan dunia kerja modern menuntut fleksibilitas dan adaptabilitas dari para pekerja. Dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang berdaya dukung dan inklusif, perusahaan atau instansi perlu menyadari pentingnya menyediakan fasilitas yang memungkinkan karyawan membawa anak-anak mereka ke tempat kerja. Salah satu fasilitas yang dapat memberikan dampak positif adalah ruang tempat bermain ramah anak dan ruang laktasi di kantor. Tulisan ini akan membahas pentingnya fasilitas tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan produktivitas perusahaan.

Sesuai dengan peraturan Menteri Nomor 5 tahun 2015, pemerintah menginstruksikan kepada perusahaan pemerintah dan swasta untuk menyediakan daycare atau ruang bermain ramah anak. Tujuannya agar anak bisa bermain dan dekat dengan orangtuanya. Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga yang jumlahnya hampir 81 juta keluarga dengan strategi membangun kualitas hidup anak sebagai SDM Unggul dan berdaya saing termasuk anak dalam taman pengasuhan anak sementara atau daycare. Kebutuhan daycare saat ini menjadi penting karena tuntutan perempuan pekerja mengingat pengasuhan usia balita sulit dilepaskan dari peran ibu.

Ruang tempat bermain anak dan ruang laktasi di kantor memberikan solusi bagi karyawan yang memiliki tanggung jawab sebagai orangtua. Dengan adanya fasilitas ini, orangtua dapat membawa anak-anak mereka ke kantor tanpa khawatir akan kehilangan waktu produktif. Ini menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara karir dan kehidupan keluarga. Menurut American Journal of Public Health, karyawan yang merasa memiliki keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi cenderung lebih produktif dan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Ketika karyawan merasa tenang dan yakin bahwa anak-anak mereka aman di sekitar, mereka dapat fokus pada pekerjaan mereka tanpa gangguan berlebihan. Ruang tempat bermain anak dapat menciptakan suasana kerja yang lebih santai dan mendukung, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Perusahaan yang memberikan perhatian kepada kebutuhan karyawan, termasuk memahami tantangan yang dihadapi oleh orangtua yang bekerja, memiliki potensi tinggi untuk dipertahankan karyawan. Ruang tempat bermain ramah anak dan ruang laktasi di kantor dapat menjadi faktor penting dalam keputusan karyawan untuk tetap loyal pada perusahaan atau instansi.

Selain itu, perusahaan atau instansi yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah keluarga dapat meningkatkan citra perusahaan. Fasilitas seperti ruang bermain ramah anak dan ruang laktasi dapat menjadi daya tarik tambahan bagi individu yang mencari tempat kerja yang menghargai peran ganda mereka sebagai pekerja dan orangtua.

Kesimpulannya, ruang tempat bermain anak dan ruang laktasi di kantor bukan hanya fasilitas tambahan, tetapi juga investasi dalam kesejahteraan karyawan dan keberlanjutan perusahaan atau instansi. Dengan menyediakan fasilitas ini, perusahaan atau instansi dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, inklusif, dan memperkuat hubungan antara pekerja dan perusahaan.

Ditulis oleh : Reyhan Respati S.Psi, Staf Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.  

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274