info@umsb.ac.id (0751) 482274

Mahasiswa UM Sumatera Barat Raih Kesempatan Pertukaran ke Kampus di Indonesia

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,01 Februari 2024 01:45:00
Dibaca: 256 kali

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah salah satu program unggulan yang dicetus Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Republik Indonesia dan saat ini telah memasuki angkatan ke 4. Seleksi PMM 4 diikuti mahasiswa saat semester ganjil dan akan dilaksanakan pada semester ganjil, atau disesuaikan dengan kalender akademik kampus masing-masing. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumatera Barat) mencetak prestasi membanggakan di awal tahun 2024, dengan 23 mahasiswa berhasil lolos seleksi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Tahun 2024. Mereka terdiri dari, 6 orang mahasiswa Fakultas Agama Islam, 4 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4 orang mahasiswa Fakultas Teknik, 3 orang orang mahasiswa Fakultas Hukum, 2 orang mahasiswa Fakultas Farmasi, 2 orang mahasiswa Fakultas Kehutanan, 1 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, serta 1 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Partisipasi UM Sumatera Barat dalam kegiatan ini menunjukkan kontribusi aktifnya terhadap upaya pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.
Pada hari Kamis, 25 Januari 2024 diadakan “Pembekalan dan Pemberangkatan Mahasiswa PMM 4 Outbound UM Sumatera Barat” bertempat di Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syaffi Maarif, M.A. Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UM Sumatera Barat Rudi Kurniawan Arief, S.T., MT., Ph.D mengatakan, program outbound pertukaran mahasiswa merdeka sangat diminati dan mendapat respon positif dari mahasiswa. Selain itu, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pengalaman akademis di perguruan tinggi tujuan, tetapi juga berbagai keuntungan. Setiap peserta PMM akan mendapatkan konversi 20 SKS, tiket pulang-pergi, dan bantuan biaya hidup. Sementara itu, bagi Universitas, keikutsertaan dalam PMM dianggap sebagai salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi dan turut berpartisipasi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah.
Koordinator MBKM Bidang Akademik, Mimi Sri Irfadila, M. Pd menambahkan bahwa PMM memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan akademis, tetapi juga memperluas cakupan pengalaman dan pemahaman budaya setempat, memberikan mahasiswa landasan yang lebih kuat untuk berkompetisi di tingkat global.
Turut Hadir pada kegiatan tersebut Rektor UM Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dedi Satria, S.Si, M.Eng., Ph.D. Beliau melepas secara lansgung 23 orang mahasiswa PMM 4 Outbound UM Sumatera Barat secara resmi dengan doa dan harapan agar setiap peserta PMM 4 dapat membawa pulang kenangan positif, serta dapat menjadi duta perdamaian dan pemersatu bangsa di tengah keberagaman yang kaya di Indonesia. UM Sumatera Barat berkomitmen untuk terus mendukung program pertukaran mahasiswa merdeka demi memperkaya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa Indonesia.

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274