info@umsb.ac.id (0751) 482274

Pengurus Dewan Kode Etik UM Sumatera Barat Selenggarakan Rapat Perdana

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Senin,05 Februari 2024 09:09:00
Dibaca: 56 kali

Humas UM Sumatera Barat - Kode etik merupakan pedoman tingkah laku atau aturan yang harus diikuti dan ditaati oleh anggota suatu organisasi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan kode etik sebagai norma dan asas yang diterima oleh kelompok tertentu sebagai landasan dalam bertingkah laku. Secara etimologis, kode etik berasal dari dua kata yaitu “kode” dan “etik”. Kode artinya tanda yang disetujui dengan maksud tertentu. Sedangkan etik itu berasal dari Bahasa Yunani yaitu “ethos” yang berarti watak, adab atau cara hidup.  

UM Sumatera Barat melalui SK Bersama antara Rektor dan Badan Pengurus Harian (BPH) UM Sumatera Barat nomor: 0711/KEP/I.0/D/2023 tertanggal 26 Juli 2023, telah membentuk Pengurus Dewan Kode Etik UM Sumatera Barat. Lembaga ini dipimpin oleh Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum sebagai ketua didampingi oleh Hasnuldi Miaz, SH, M.Hum sebagai wakil ketua, serta Dr. Mursal, MAg sebagai sekretaris. Adapun pengurus dewan ini beranggotakan sebanyak 4 orang yang terdiri dari: Dr. Wedy Nasrul, MSi, Dr. Firdaus, MHI, Dr. Desminar, dan Efri Yoni Baikoeni, MA.

Pengurus Dewan Kode Etik bertugas menegakkan kode etik yang diberlakukan bagi Dosen, Tenaga Kependidikan (Tendik) dan Mahasiswa. Dalam menjalankan misinya, pengurus akan menerima dan memproses laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh sivitas akademika UM Sumatera Barat. Laporan yang masuk akan ditindaklanjuti dengan melakukan pengumpulan bukti-bukti dan klarifikasi terhadap pihak terlapor.

Pengurus Dewan Kode Etik kemudian akan memberikan rekomendasi kepada Rektor untuk memberi sanksi jika terbukti melakukan pelanggaran kode etik. Bagi pihak yang tidak terbukti melakukan pelanggaran, pengurus akan memberi rekomendasi kepada Rektor untuk melakukan rehabilitasi nama baik.

Sesuai dengan hasil rapat pengurus Dewan Kode Etik UM Sumatera Barat yang diselenggarakan tanggal 3 Februari 2024, disepakati untuk memfasilitasi laporan dugaan pelanggaran kode etik. Setidaknya ada dua media yang akan dimanfaatkan untuk menerima laporan dugaan pelanggaran kode etik yaitu fitur “Pengaduan” di laman website UM Sumatera Barat, dan kotak “Pengaduan” yang ditempatkan pada masing-masing kampus. Pada laman website, juga akan dipublikasikan Kode Etik Dosen UM Sumatera Barat berdasarkan SK Rektor nomor: 286/KEP/II.3.AU/D/2016 tertanggal 19 Februari 2016, kode etik Mahasiswa UM Sumatera Barat berdasarkan SK Rektor nomor: 908/KEP/II.3.AU/F/20 tertanggal 4 Agustus 2022, serta kode etik Tendik dan peraturan lainnya yang terkait.

Dengan adanya pengurus Dewan Kode Etik UM Sumatera Barat diharapkan semua pihak dapat menjalankan pola perilaku yang sesuai sehingga pelayanan yang diberikan oleh UM Sumatera Barat dapat berjalan dengan lebih professional dan bermutu.

**

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274