info@umsb.ac.id (0751) 482274

Baitul Arqam Mahasiswa: Implementasi Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Fakultas Hukum UM Sumatera Barat

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,27 Februari 2024 09:57:00
Dibaca: 50 kali

Humas UM Sumatera Barat - Pada tanggal 24-25 Februari 2024, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat menggelar program inovatif sebagai tanda langkah berkemajuan dalam implementasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Program tersebut, yang dikenal sebagai Baitul Arqam Mahasiswa, diadakan untuk mahasiswa kelas B sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai tersebut.

Baitul Arqam Mahasiswa merupakan inisiatif yang pertama kali dijalankan di kampus ini, bertujuan untuk memberikan pengalaman mendalam kepada mahasiswa kelas B tentang konsep-konsep kemuhammadiyahan dan akademik. Sebanyak 123 mahasiswa kelas B aktif mengikuti program ini yang berlangsung selama dua hari.

Kegiatan ini terbagi dalam empat materi, dengan dua materi disampaikan setiap harinya. Setiap materi disusun dengan cermat untuk memastikan keterlibatan maksimal dari para peserta, karena keikutsertaan dalam Baitul Arqam Mahasiswa menjadi salah satu syarat untuk memenuhi persyaratan kelulusan.

Instruktur yang dipercaya untuk menyampaikan materi tersebut berasal dari Lembaga Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPIM) UM Sumatera Barat, dipimpin oleh Dr. Ilham yang memiliki pengalaman sebagai master of training di bidang tersebut.

Acara pembukaan Baitul Arqam Mahasiswa dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Wendra Yunaldi, di Convention Hall Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag, kampus III UM Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Dr. Wendra menekankan pentingnya kesempatan ini bagi mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kemuhammadiyahan dan bagaimana hal tersebut berperan dalam konteks akademik.

Perlu dicatat bahwa kelas A yang disebutkan dalam konteks ini merujuk kepada mahasiswa reguler, sedangkan kelas B adalah kelas khusus yang ditujukan bagi mereka yang sudah berada dalam dunia kerja dengan jadwal perkuliahan khusus pada hari Sabtu dan Minggu. Sebelumnya, baik kelas A maupun kelas B hanya mengikuti program Darul Arqam Dasar. Baitul Arqam Mahasiswa menandai langkah baru dalam perjalanan akademik dan spiritual mahasiswa kelas B di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Frans Fradinen

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274