info@umsb.ac.id (0751) 482274

Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,27 Maret 2024 10:13:00
Dibaca: 1381 kali

Pahala besar di balik memberi makan mereka yang berbuka puasa, inilah janji pahala yang dikatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR Tirmidzi no. 807)

Al-Munawi menjelaskan bahwa memberi makan orang untuk berbuka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air. (Faidul Qadhir, 6/243)

Ath-Thobari rahimahullah menerangkan:

“Barang siapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang.

Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun akan mendapatkan pahala berpuasa.” (Syarh Ibnu Bathol, 9/65)

Oleh: Sigit Subiantoro

Artikel ini sudah tayang di majelis Tablight

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274