info@umsb.ac.id (0751) 482274

Viral Seruan ‘All Eyes on Rafah’, Begini Penjelasannya

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Rabu,29 Mei 2024 03:46:00
Dibaca: 1062 kali

Trending All Eyes on Rafah  memuncaki topik regional Indonesia usai diposting lebih dari 30 juta kali di Instagram Story. Emangnya itu apa sih?

“All Eyes on Rafah” ngga cuman sekedar kalimat doang!

Arti “All Eyes on Rafah”

Kalimat ini punya makna ‘semua mata tertuju ke Rafah’. Seruan ini sebagai bentuk kampanye meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap warga Palestina.

Apa yang terjadi di Rafah?

Usai serangan bertubi-tubi di jalur Gaza, Rafah jadi tempat pengungsian warga Palestina. Namun Israel melakukan serangan genosida di Rafah dan 45 orang lebih tewas pada Minggu (26/5).

Fakta tentang Rafah

Rafah merupakan sebuah kota di sebelah selatan jalur Gaza, Palestina yang terletak di sepanjang perbatasan semenanjung Sinai di Mesir. Berjarak 30 km (19 mil) di sebelah barat daya Kota Gaza dengan luas wilayah 60 kilometer persegi. Jika dibandingkan, kira-kira seluas Manhattan di New York atau Banda Aceh di Indonesia.

Berpuluh tahun Rafah jadi tempat penyaluran bantuan kemanusiaan ke Gaza. Rafah jadi tempat paling padat penduduk di dunia, kira-kira terdiri dari 1,5 juta orang Palestina (menurut PBB) yang pindah dari Khan Younis, Gaza Strip dan Deir Al Balah dan jadi tempat perlindungan terakhir warga Gaza.

 (Tia)

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274