info@umsb.ac.id 0823 8497 0907

Jangan Menunda Taubat

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,09 Juli 2024 10:05:00
Dibaca: 44 kali

Alasan terbaik mengapa kita masih dibangunkan Allah pagi ini adalah karena dosa kita terlalu banyak dan Allah mau kita bertaubat.

Allah SWT mengajarkan agar kita selalu dekat dengan-Nya dan memohon taubat atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Namun, terkadang kita sering menunda-nunda untuk bertaubat, padahal tidak ada jaminan bahwa kita akan selalu diberi kesempatan untuk hidup lebih lama.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). (QS. Az Zumar: 53-54)

Ibnu Katsir mengatakan, ayat yang mulia ini berisi seruan kepada setiap orang yang berbuat maksiat agar segera kembali pada Allah dengan berserah diri pada-Nya sebelum datang siksaan yang membuat mereka tidak mendapat pertolongan, yaitu maksudnya bersegeralah bertaubat dan melakukan amal saleh sebelum terputusnya nikmat.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba selama nyawa belum sampai di tenggorokan. (HR. Tirmidzi No. 3537 dan Ibnu Majah No. 4253)

Hadis di atas menyebutkan bahwa taubat setiap orang diterima amatlah banyak. Namun tentu saja bisa dikatakan taubatnya diterima jika memang ada bukti bahwa ia jujur dalam taubatnya.

Oleh karena itu, jangan menunda-nunda untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT, karena hanya Dia yang dapat mengampuni dosa-dosa kita.

Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd

Artikel ini sudah tayang di Majelis Tabligh.

 

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274