info@umsb.ac.id 0823 8497 0907

Di Balik Siang dan Tirai Malam

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,09 Juli 2024 02:49:00
Dibaca: 34 kali

Di dalam pergeseran matahari atau pergerakannya, maka terjadilah sebuah peralihan waktu dan peralihan suasana. Ketika pergeseran matahari menuju pagi, maka diawalilah semburat fajar nan indah, sampalah dengan kemunculan matahari, disebu dengan matahari terbit, pagi lalu siang pun menampakkan diri.

Matahari sekali lagi bergerak menuju siang, siang terus menuju senja, semburat lembayung senja pun mulai tampak dengan indahnya, maka suasana pun beringsut menjadi gelap, maka disebutlah dengan malam hari.

Dan semua itu merupakan kuasa robbul’aalamiin.

Dan milik-Nyalah segala apa yang ada, baik pada waktu malam maupun pada siang hari. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Mendengar, Lagi Maha Mengetahui.”

Allah SWT berfirman:

“Dan milik-Nyalah segala apa yang ada pada malam dan siang hari. Dan Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-An’am 6 Ayat 13)

Kandungan Ayat

  1. Semua Milik Allah; “Dan milik-Nyalah segala apa yang ada pada malam dan siang hari.
  2. Maha Mendengar Maha Mengetahui; “Dan Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Ibrah (pelajaran) yang bisa di ambil:

Disebut malam dan siang, manusia setelah usaha penuh disiang harinya; yang petani mengerjakan pertaniannya, yang guru mengajar muridnya, yang dosen bersama mahasiswanya, yang pejabat melaksanakan kesalehan dari tugas jabatannya.

Maka saat malam tiba, semuanya melepas lelah, tenteram bersama keluarga, serta menunaikan ibadah dengan khusuk dan penuh harap rida Allah SWT.

Catatan

Sungguh sempurna Allah mencipta manusia dan persediaan untuk kehidupannya serta waktu aktivitas dan istirahatnya, sampai manusia tidak mengetahui itu semua, maka hanya Allahlah yang Maha Mengengar dan Maha Mengetahui.

Doa

“Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim 66: Ayat 8).

Oleh: Masro’in Assafani, MA

Artikel ini sudah tayang di Majelis Tabligh

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274