info@umsb.ac.id (0751) 482274

UMSB Jalin Kerja sama dengan UM Tangerang

Oleh:   |   Jumat,31 Januari 2020 10:06:00
Dibaca: kali
Setelah Penandatanganan MOU UMSB - UM Tangerang

[Humas.UMSB] Dr. Riki Saputra, MA selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dan Dr. Ahmad Amarullah, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) diwakilkan oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Industri kreatif UMT Dr. Zalzulifa, M.Pd., menjalin kerjasama dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) berupa kesepakatan dua fakultas bidang kepariwisataan, yakni Fakultas Pariwisata UMSB dan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif UMT, yang bertempat di Aula Kampus III Bukittinggi, Kamis, 30 Januari 2020.

Adapun bentuk kerjasama yang akan dilakukan adalah pertama berupa kerjasama di bidang pendidikan yakni berbagi informasi kurikulum dan bahan ajar, dosen tamu dan pertukaran mahasiswa.

Bentuk kerjasama yang kedua adalah di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, segera dalam tahun 2020 akan disusun roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan menjadi acuan bagi fakultas, program studi maupun pengembangan karir dan kompetensi dosen.

Selain itu, ada juga kerjasama dalam hal publikasi dimana segala aktifitas pendidikan dan penelitian serta pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dua fakultas diharapkan dapat dipublikasikan di masing-masing jurnal ilmiah baik jurnal Menara Ilmu yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat maupun jurnal Parinkraf oleh Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif UMT. 

Dalam sambutannya, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, M.A. memaparkan bahwa beberapa tahun belakangan ini UMSB telah menyeimbangkan kegiatan pengabdian masyarakat diantaranya kegiatan terakhir yang telah dilakukan adalah menggarap satu kenagarian Koto Tinggi, Kabupaten 50 Kota yang digagas oleh Pak Sevindrajuta, ketua panitia KKN dan sekaligus dosen senior dari Fakultas Pertanian UMSB, yang menemukan benih-benih berupa local wisdom yang bisa dikembangkan. Hal ini menurut pak Moch. Abdi S.E., M.M. selaku Dekan Fakultas Pariwisata UMSB mempunyai nilai jual yang tinggi dan sekarang sudah menjadi smart city di Kabupaten 50 Kota, dan menjadi desa binaan UMSB.
Rektor UMSB menyambut baik inisiatif dekan untuk membuat pemufakatan kerjasama dua PTMA ini apalagi  dihadiri oleh Wali Nagari Paninjauan, Darsel llyas dan Tokoh Minang Nasrul Aziz, pengusaha properti yang bermukim di Jakarta. 

Dekan Fakultas Pariwisata UMSB Moch Abdi, SE, MM menjelaskan, demi menyamakan persepsi tentang berbagai hal rancangan kerjasama dimaksud maka akan diadakan serangkaian diskusi terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) dengan tuan rumah bergantian di Padang Sumatera Barat dan Tangerang Banten. [31 Januari 2020]

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274