Kuliah Umum Fakultas Kehutanan UMSB Menghadirkan Tiga Narasumber Ahli dari University Putra Malaysia

Kuliah Umum Fakultas Kehutanan UMSB Menghadirkan Tiga Narasumber Ahli dari University Putra Malaysia

Kamis 06 Februari 2020 11:35:00
Dr. rer.nat. Ir,Anwar Kasim memberikan materi

[HUMAS-UMSB] Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk Public Lecture “Teknologi Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu (Wood and  Non-Wood Forest Product  Technology)”. Kuliah umum tersebut menghadirkan tiga narasumber ahli dari University Putra Malaysia, yakni Prof. Dr. Edi Suhaimi Bakar,. Dr. rer.nat. Ir,Anwar Kasim dari Universitas Andalas, dan Narasumber ketiga dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yaitu Dr. Ir. Desyanti, M.Si. Kemudian Dr. Ir. Firman Hidayat, MT Dekan Fakultas Kehutanan selaku Moderator . Kegiatan yang terbuka bagi seluruh civitas akademika UMSB itu diselenggarakan pada Rabu (05/02) di Convention Hall UMSB Kampus 1 Padang.

Kuliah umum ini tampak dihadiri oleh Wakil Rektor I dan III, Wakil II dan IV, Dekan-Dekan Fakultas, Dosen-Dosen dan Mahasiswa Fakultas Kehutanan UMSB serta  berbagai instansi di Sumatera Barat seperti Dinas Kehutanan, KPHL, Bappeda, DLH, TNKS, dan berbagai instansi lainnya.

Topik Kuliah Umum yang disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Edi Suhaimi Bakar adalah “Oil Palm Woods as An Alternative Material for Industry”. Dalam paparan beliau menyampaikan bahwa kebutuhan kayu sebagai bahan bangunan meningkat tajam seiring perkembangan waktu, namun sebaliknya ketersediaan kayu di alam mengalami penurunan. Ketimpangan antara supply-demand dapat menyebabkan ancaman bagi hutan seperti illegal loging.

“Batang sawit memiliki potensi yang sangat besar sebagai alternatif pengganti kayu. Satu pohon sawit dewasa mampu menghasilkan biomasa 1,5 m3/pohon, atau hingga 200m3/ha. Potensi batang sawit di Indonesia mencapai 112M m3/tahun.”ujarnya

“Namun demikian,” lanjut beliau, “Kayu sawit memiliki beberapa kelemahan yaitu: kadar air tinggi, ketahanan rendah, kerapatan rendah, kestabilan dimensi rendah, dan pola penggergajian yang berbeda dengan kayu biasa. Sehingga sebelum digunakan batang sawit harus mendapat perlakuan khusus, seperti impregnasi dan densifikasi.”pungkas Prof. Dr. Edi Suhaimi Bakar.

Pesrta Kuliah Umum Fakultas Kehutanan Kurang lebih dari 400 orang

Pembicara kedua, Prof. Dr. rer. Ir. Anwar Kasim adalah Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, menyampaikan materi tentang “Gambir sebagai Bahan Baku Industri Dari Papan Komposit Hingga Gabus”. Dalam presentasi beliau, “Gambir merupakan tanaman unggulan Sumatera Barat yang dimanfaatkan banyak pada berbagai kegiatan industri. Gambir dimanfaatkan sebagai bahan komposit/papan partikel, perekat kayu lapis, penyamuk kulit, suplemen kosmetik, obat tradisional (sakit perut), penyerap emisi formalin, dan lain sebagainya.”ujarnya.

Beliau juga berharap Sumatera Barat dapat memanfaatkan Gambir dengan lebih optimal. Salah satu yg cukup menarik dalam masyarakat Sumatera Barat menurut Prof. Anwar adalah potensi kulit kambing yang cukup tinggi namun tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi produk jadi. “Gambir menjadi salah satu bahan yang terdapat banyak di Sumatera Barat untuk pengolahan/penyamakan kulit. Dengan bahan yang ada, Sumatera Barat dapat memproduksi barang kulit jadi yang menjanjikan".papar Prof. Anwar.

Pembicara ketiga adalah Dr. Desyanti yang juga merupakan Ketua Program Studi Kehutanan UMSB, menyampaikan materi tentang “Wood Deterioration And Solutions.” Dalam materi beliau, kayu adalah materi organic yang sangat diminati oleh rayap dan jamur, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan mutu dan menghindari terjadinya kerusakan kayu. Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menghindari pembusukan kayu dengan berbagai perlakuan, yaitu: pemasukan bahan pengawet melalui metode tekanan, menyebarkan bahan pengawet, pencelupan, dan prembesan bahan pengawet, perlaku.

Pada kesempatan tersebut Kepala dinas kehutanan Pak Yozwardi, mengapresiasi sekali dengan dilaksanakan Kuliah Umum ini, “saya berharap acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan lebih sering oleh Fakultas Kehutanan.” Lebih jauh, beliau juga berharap adanya tindak lanjut terhadap presentasi Prof Edi, mengingat potensi kayu sawit di Sumatera Barat juga cukup tinggi,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana Kuliah Umum, Nurul Widya, M.Si,  menambahkan bahwa kegiatan kuliah umum ini akan menjadi kegiatan ilmiah yang akan rutin dilakukan pada setiap semester baru. Semoga untuk ke depan, Fakultas Kehutanan UMSB bisa melaksanakan kegiatan serupa pada lingkup internasional dengan menghadirkan narasumber dari berbagai negara.

Acara selanjutnya penyerahan cendra mata dan photo bersama Wakil Rektor, Dekan-Dekan Fakultas dan Dosen-Dosen UMSB dengan narasumber ahli dari University Putra Malaysia (Humas-UMSB Padang, 5/2/2020)

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909