Kampus Merdeka : Akankah Masalah Pendidikan Teratasi?

Senin 16 Maret 2020 12:15:00
Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, menyampaikan Kuliah Umum dengan tema “Arah Baru Pendidikan Tinggi Indonesia Melalui Kebijakan Kampus Merdeka : Akankah Masalah Pendidikan Teratasi?” di Convention Hall UMSB Kampus I Padang

[HUMAS-UMSB] Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Gelar Kuliah Umum dengan tema “Arah Baru Pendidikan Tinggi Indonesia Melalui Kebijakan Kampus Merdeka : Akankah Masalah Pendidikan Teratasi?” Sabtu, 14/03/2020 di Kampus I Padang.

Dalam Kuliah Umum tersebut tampat dihadiri oleh Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA, Wakil Rektor I dan II, Direktur Program Pascasarjana UMSB, Dosen - dosen Pascasarjana UMSB dan Mahasiswa Program Pasacasarjana UMSB.

Sambutan Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA, menyampaikan ucapan selamat datang kepada narasumber “Selamat Datang di kampus UMSB Bapak Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Rektor UHAMKA sekaligus sebagai Narasumber dalam Kuliah Umum program pascasarjana UMSB, kami berharap nantinya kita semua yang hadir mendapatkan ilmu mengenai arah baru pendidikan tinggi Indonesia melalui kebijakan kampus merdeka itu seperti apa dan akankan masalah pendidikan teratasi”. Tutur Rektor UMSB.

Lanjut Dr. Riki Saputra, MA, menegaskan, “Jadilah mahasiswa yang berkualitas, ibarat menara air yang memberi manfaat bagi orang banyak.” tegasnya

“Kembali lagi bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kita, karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi mengajarkan kita pada sopan santun dan hal- hal yang benar. pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa; individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup”. Tambah Rektor UMSB.

Kampus Merdeka : Akankah Masalah Pendidikan Teratasi?

Sedangkan Dr. Mahyudin Ritonga, MA selaku Direktur Program Pascasarjan UMSB menyampaikan, kegiatan ini sudah menjadi tradisi di program pascasarjana UMSB bahwa setiap awal semester menyambut kuliah perdana selalu di awali dengan kuliah umum, tujuannya adalah sebagai ajang silaturahim antar civitas akademika dan sebagai pemantik untuk menumbuhkan semangat bagi mahasiswa. “melalui kuliah umum ini merupakan upaya untuk memberi motivasi kepada mahasiswa untuk melihat dunia lebih luas lagi”. Ujarnya.

Selanjutnya materi Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, selaku narasumber menyampaikan ada dua key word yaitu knowledge of innovation dan teaching learning innovation. Arah merdeka belajar menuntut kita berinovasi. Implementaskan gagasan agar terbentuk produk baru. Ada tiga dimensi untuk berinovasi: Pertama, Competencies, skill, charakters. Kedua, New pedagogical practices. Ketiga, Innovative use of new teknologies.  “Karakter lebih menjamin kesuksesan, pembentukan multi karakter merupakan lisensi yang didapat dari perjalan hidup. Semoga memang tercipta merdeka belajar dari kampus yang merdeka. Intinya, kampus merdeka maksudnya adalah merdeka dalam belajar dan arah dari kampus merdeka tersebut yaitu untuk mendorang para Guru/Dosen untuk berinovasi dalam menyampaiakan pembelajaran” Pungkas Prof. Dr. Gunawan Suryoputro.

Terakhir acara penutupan photo bersama antara Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, dengan Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA sekaligus pemberian cenderamata oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat kepada narasumber. (Humas UMSB Padang, 14/03/2020)

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909