Fakultas Kehutanan UMSB Kelola Hutan Adat Koto Besar Kec. Koto Besar Kab.Dharmasraya

Rabu 18 Maret 2020 08:51:00
nota kesepahaman sekaligus penandatangan MOU Pengelolaan Hutan Adat Koto Besar Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya Dalam Rangka Hari Bakti Rimbawan, Dinas Kehutanan Sumatera Barat bersama BPSKL (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan) wilayah Sumatera

[HUMAS-UMSB] Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) lakukan nota kesepahaman sekaligus penandatangan MOU Pengelolaan Hutan Adat Koto Besar Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya dan disaksikan oleh Dinas Kehutanan Sumatera Barat. Jumat, 13 Maret 2020 di Ruang Pertemuan Dinas Kehutanan Sumatera Barat.

Dalam Rangka Hari Bakti Rimbawan, Dinas Kehutanan Sumatera Barat bersama BPSKL (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan) wilayah Sumatera yang berkedudukan di Medan adakan FGD sekaligus pertemuan antara kelompok tani hutan atau perhutanan sosial dengan akademisi dan pelaku usaha.

penandatangan MOU Pengelolaan Hutan Adat Koto Besar Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya dan disaksikan oleh Dinas Kehutanan Sumatera Barat

Tujuan dari kegiatan tersebut membuat nota kesepahaman antara kelompok tani hutan dengan pelaku usaha yang hadir dalam FGD tersebut termasuk akademisi.

Fakultas Kehutanan yang hadir dalam dalam kesempatan tersebut lansung menandatangani MOU atau nota kesepahaman dengan wali Nagari Koto Besar untuk pengembangan hutan adat seluas 35 hetter. Hutan adat merupakan bagian dari  lima skema perhutanan sosial (hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, hutan desa/hutan nagari, hutan adat dan hutan kemitraan.

Fakultas Kehutanan UMSB yang di undang khusus dalam acara FGD tersebut, mendapatkan bagian untuk bermitra dengan hutan dengan pengelola hutan adat yang ada di Nagari Koto Besar Kab. Dharmasraya. Dan harapannya adalah Fakultas Kehutanan UMSB dengan kompetensi yang dimiliki, mampu mengembangkan ekowisata atau hutan pendidikan di hutan adat Koto Besar Kab. Dharmasraya tersebut.

Ini menjadi tantangan bagi Fakultas Kehutanan untuk membuktikan kompetensi di masyarakat, program yang disusun dalam waktu dekat akan melakukan survey, identifikasi, potensi melalui praktek umum, praktek kerja lapangan, skripsi, penelitian dan pengabdian masayrakat yang dilakukan oleh semua civitas akademika.

Dalam Sambutan Dekan Fakultas Kehutanan UMSB Dr. H. Firman Hidayat, MT mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat Nagari Koto Besar Kec. Koto Besar Kab. Dharmasraya atas kepercayaan kepada Fakultas Kehutanan UMSB dalam mengembangkan hutan adat menjadi hutan pendidikan atau hutan wisata.

“Kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar dengan adanya kepercayaan penuh dari pemerintah Nagari Koto Besar Kec. Koto Besar Kab. Dharmasraya, begitu juga Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA dan Fakultas Pariwisata UMSB juga sangat mendukung sekali Nota Kesepakan tersebut, yang mana UMSB menjadi kepercayaan dalam pengelolahan hutan adat yang ada di Nagari Kota Besar Kec. Kota Besar Kab. Dharmasraya seluas 35 hetter tersebut. Pungkas Dr. H. Firman Hidayat, MT

Dalam pelaksanaan kegiatan kedepannya, Fakultas Kehutanan juga mengundang Fakultas yang ada dilingkungan Universitas terutama Fakultas Pariwisata UMSB untuk menyumbangkan fikirannya dalam pengembangan hutan ekowisata yang ada di Nagari Kota Besar Kec. Kota Besar Kab. Dharmasraya. (Humas UMSB Padang, 13/03/2020)

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909