Adakan Diskusi Online, BEM FAI UMSB Angkat Tema Menggapai Mimpi Meraih Beasiswa ke Luar Negeri

Selasa 16 Juni 2020 09:15:00
Diskusi Online dengan Pemateri Dedi Satria, S.Si., M.Eng., Ph.D dan Tareq Albana (Zyech Zayed Language Center, Cairo Bachelor Degree Of Islamic, Theologi Al Ashar, Cairo)

[HUMAS-UMSB]  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam (BEM-FAI) Universitas muhammadiyah Sumatera Barat  kembali adakan Diskusi Online dengan tema “Menggapai Mimpi Meraih Beasiswa ke Luar Negeri”. Berlangsung pada Hari Minggu, 14 Juni 2020.

Kegiatan diskusi online ini dihadiri oleh Pamateri diantaranya Dedi Satria, S.Si., M.Eng., Ph.D Selaku Dosen Prodi Farmasi UMSB( S1 Universitas Andalas, S1 Nagoya University, Jepang, S3 Kyushu University, Jepang). Selanjutnya Tareq Albana (Zyech Zayed Language Center, Cairo Bachelor Degree Of Islamic, Theologi Al Ashar, Cairo), yang dibawakan oleh moderator Ade Jihan Suryani.

Berkuliah diluar negri adalah impian dari semua siswa maupun mahasiswa. Sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh salah satu pemateri pak dedi satria,S.Si., M.Eng., Ph.D  pada acara diskusi online yang diangkat oleh bidang humas dan infokom BEM FAI UMSB tersebut, yang mana beliau berharap dari sekian banyak peserta dan panitia dalam acara tersebut bisa melanjutkan studinya keluar negri.

Beliau Berbagi tips dan poin – poin penting yang dilakukan dalam memperoleh beasiswa keluar Negeri, diantaranya sebagai berikut :

  1. Niat
  2. Iringi Niat dengan Usaha
  3. The Power of Silaturahmi/Ukhuwah
  4. Softskil
  5. Pelajari Secara Seksama Lembaga Pemberi Beasiswa
  6. Pelajari Secara Seksama Negara Tujuan
  7. Pelajari Secara Seksama Professor Tujuan

“Bagi kamu yang sudah ada niatan untuk mendapatkan beasiswa, tetap jaga niatnya. Selain itu niat juga di iringi dengan usaha dalam meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Ini Sangat Penting dan merupakan syarat mutlak, Karena hampir disetiap seleksi selalu menyertakan syarat penguasaan Bahasa Inggris atau bahasa lainnya”. Jelas Beliau

Pada kegiatan ini kedua pemateri menyampaikan tips-tips dan trik, bagaimana sih kiat-kiat sukses kuliah diluar negri dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah diluar negri tersebut. Sesuai dengan pemaparan pemateri kedua Bapak Tareq Albana, beliau menyampaikan dan menceritakan bagaimana pengalaman beliau mulai dari awal niat kuliah ke luar negri sampai beliau mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di cairo,mesir tersebut.

Dekan fakultas agama islam Bapak H. Firdaus, M.HI. juga ikut bergabung dalam diskusi tersebut, beliau sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang sudah didirikan oleh BEM FAI UMSB sedemikian rupa, beliau berharap acara ini dapat berkesinambungan dan memberi manfaat bagi seluruh mahasiswa UMSB terlebih utama mahasiswa fakultas agama islam tentunya.

Selain itu, Andi irawan selaku ketua BEM FAI UMSB mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran panitia, yang telah bersusah payah mengangkat acara ini, sehingga acara ini dapat berjalan lancar. Dan beliau juga berterima kasih banyak kepada pemateri yang meluangkan waktunya kepada seluruh peserta dan panitia untuk berbagi ilmu. “acara kita ini insyaa Allah akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan mendatangkan pemateri2 yag handal tentunya” ujarnya.

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909