Bakaba Forum 7 dengan tema “Covid- 19 dan Roman Baru Pendidikan"

Kamis 18 Juni 2020 09:49:00
Bakaba Forum 7 dengan tema “Covid- 19 dan Roman Baru Pendidikan” yang disponsori oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

[HUMAS-UMSB].  Bakaba Forum 7 dengan tema “Covid- 19 dan Roman Baru Pendidikan” yang disponsori oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Acara yang berlangsung pada hari Senin, 15 Juni 2020 pada pukul 20.00 s/d 22.00 Wib, bersama narasumber Derliana, MA (Direktur MA KMM Kauman Padangpanjang), Dr. Ahmad Lahmi (Ketua Program S2 PAI UMSB), Jasra Putra, M.Pd (Komisioner Perlindungan Anak Indonesia Jakarta), Dr. Qolbi Qhoiri (Ketua Prodi Doktor IAIN Bengkulu) dan dimoderatori oleh Fitri Yenni, MH, dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Pandemi Covid 19 telah membawa masyarakat global kepada tatanan sosial baru. Dapat dilihat dari perubahan semua sektor lini kehidupan manusia, mulai sisi sosial, ekonomi, kesehatan, budaya, pendidikan dan sebagainya.  Dari sisi pendidikan, Covid 19 telah memaksa pemerintah mengeluarkan regulasi baru sebagai panduan atas alur proses pendidikan yang dijalankan mulai sekolah hingga perguruan tinggi. Antara pendidik dan peserta didik misalnya tidak boleh lagi mengadakan kontak pembelajaran tatap muka tanpa mengikuti standar kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Selain aspek itu, tentu masih banyak dimensi turunan lain pendidikan yang juga ikut terdampak, termasuk kemampuan literasi teknologi pendidik, mutu pembelajaran, model evaluasi, dan sebagainya.

Sejajar dengan dampak tersebut, Bakaba 7 yang disponsori oleh Universitas Muhammadiyah, Bakaba.co, Sumbar Time, Law Sehati, dan Portal Bangsa, mengusung tema yang cukup penting, yaitu, proses pendidikan di tengah Covid 19. Tema tersebut dianggap penting karena mencoba menggali pengalaman masyarakat melaksanakan proses pembelajaran di tengah-tengah pandemi Covid 19.

Selain tema yang aktual juga proses pembelajaran tersebut dianalisis dari beberapa sudut pandang dengan menghadirkan pemateri yang cukup kompeten dibidangnya, seperti dari pakar pendidikan di perguruan tinggi diwakili oleh Dr. Ahmad Lahmi, dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. Qolbi Khoiri Dosen Pascasarjana IAIN Bengkulu. Dari bidang  perlindungan anak hadir Komisioner KPAI Nasional, Jasra Putra, M.Pd. Kemudian praktisi pendidikan menghadirkan Mudir MAKM Padang Panjang, Darliana, MA.

Seperti yang disampaikan oleh Dr. Ahmad Lahmi, salah seorang narasumber, bahwa pandemi Covid 19 ini telah membawa roman baru atas dunia pendidikan. Covid 19, secara tidak terduga telah menghidupkan kembali salah satu dari tiga basis pendidikan, yaitu keluarga dimana sebelumnya hampir nir-fungsi, sambungnya. Secara mendadak, peran orang tua kembali diaktifkan dan dioptimalkan untuk memberi pendampingan terhadap pembelajaran anaknya di rumah.

 

Porsi yang lebih besar dalam pendampingan tersebut diambil alih oleh kaum ibu. Sebuah survey menyebutkan bahwa peran orang tua perempuan dalam mendampingi buah hatinya di rumah sebanyak 60% lebih dibanding kaum bapak. Hal ini menunjukkan aspek positif dari pandemi ini dimana kita dapat menyaksikan aktifnya kembali institusi keluarga sebagai pusat pendidik. Tentu saja, harapan ke depan bencana ini cepat berlalu, sehingga kegiatan normal dapat segera kembali  berjalan dengan harapan dapat membawa beberapa aspek positif yang tumbuhkannya terutama pendidikan di keluarga.

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909