Silaturahim Syawal 1441 H bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Sabtu 20 Juni 2020 03:21:00
Silaturahim bersama dengan Keluarga Muhammadiyah, Seluruh Jajaran Pimpinan, Anggota, Simpatisan dan Ortom serta Masyarakat Umum.

[HUMAS-UMSB]. Universitas Muhammadiyah menjadi tuan rumah dalam silaturahim Syawal 1441 H bersama dengan Keluarga Muhammadiyah, Seluruh Jajaran Pimpinan, Anggota, Simpatisan dan Ortom serta Masyarakat Umum. Kegiatan dilaksanakan via aplikasi Zoom, Berlangsung pada Hari Sabtu, 20/6/2020. Pukul 09.00 s/d Selesai.

Acara Virtual tersebut dihadiri oleh Dewan Penyantun yakni Fahmi Idris dan Irman Gusman, Ketua PWM Sumbar Dr Shofwan Karim dan jajaran. Ketua PWA Sumbar Dra Hj. Meiliarni Rusli dan jajaran Ketum MUI Buya Gusrizal Gazahar yang juga Anggota Majelis Tarjih PWM Sumbar, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra dan PD Muhammadiyah 19 kab/kota dan Ortom tingkat wilayah yang dibawakan oleh moderator Drs Nurman Agus selaku sekertaris PWM Sumbar dan Fauziah S.Kom yang di ikuti kurang lebih 106 peserta.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr Riki Saputra dalam sambutannya merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini. Dengan kondisi yang dihadapi saat ini tak menyurutkan semangat untuk tetap melakukan silaturahim secara virtual. Tentunya ini semua tidak mengurangi kekhidmatan dari momentum silaturahim syawal tersebut.

“Silaturahim virtual ini membuktikan kemajuan teknologi tidak menghalangi silaturahim meskipun tidak bertatap muka,” ujar beliau.

Gubernur Sumbar Iwan Prayitno Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc memberikan apresiasi kepada Muhammadiyah Sumbar tetap produktif di masa normal baru. Dengan menggelar silaturahim syawal kendati ditengah wabah Covid-19.

Dalam menjalankan berbagai hal, kita tetap menjaga diri dari wabah ini yaitu dengan mengikuti aturan dalam menerapkan protokol kesehatan. Meskipun dalam situasi wabah corona tentu tidak mengurangi nilai – nilai silaturrahim untuk bisa menguatkan, merajutkan tali ukhuwah atau tali persaudaraan kita, yang tentu menurut Nabi bisa memperpanjang umur kita dan mendatangkan rezeki dengan adanya silaturahim ini.” Jelas beliau

“Terima kasih atas kiprah Muhammadiyah diseluruh sektor pendidikan, sosial dan ekonomi ditengah pandemi Covid-19,” tutur beliau.

Dalam Ceramahnya, Ketua PP Muhammadiyah, Dr. Haedar Nasir menyebutkan silaturahim seyogyanya atau normalnya ialah mempertautkan persaudaraan. Namun dalam prakteknya ada pula silaturahim up normal yang dikarenakan suatu hal sehingga mengakibatkan silaturahim menjadi renggang dan terputus. Tentunya untuk menyambung dan menautkan Kembali persaudaraan tersebut di butuhkan keikhlasan hati didalamnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menilai, silaturahim merupakan suatu bentuk budaya yang perlu disebarluaskan di Tanah Air. Tidak hanya dengan latar belakang agama, tetapi juga sosial kemasyarakatan.

Menurut dia, Islam mengajarkan, makna silaturahim secara khusus ialah mempertautkan atau menjadikan antarorang kembali bersaudara. Silaturahim berarti mencari persamaan di atas perbedaan. Apalagi, seluruh umat manusia berasal dari sumber yang sama, yakni sebagai keturunan Nabi Adam AS.

“Jadikan silaturahim bukan mempertautkan hubungan yang biasa. Silaturahim yang lebih mendalam menghubungkan persaudaraan yang terputus,” kata Haedar Nasir.

Silaturahim itu sangat penting, silaturahim bukan hanya sekedar mempertautkan apa yang disambut, yang penting mempertautkan yang terputus, orientasi pemikiran berbeda silaturahim tetap berjalan. Tradisi merantau orang minang adalah juga bentuk silaturahim.

Ketum Muhammadiyah juga menyambut baik adanya zoom meeting silaturahim syawal.

“Jangan membawa Muhammadiyah ke lorong gelap, mari kita jaga rumah besar Muhammadiyah dan membangun semangat kolektivitas di Muhammadiyah,” tegasnya.

Ia menambahkan rumah Muhammadiyah harus besar dan diperkuat sesuai dengan prinsip “Basamo Mako Manjadi”

Dewan Penyantun UMSB, Irman Gusman mengucapkan selamat silaturahim syawal 1441H kepada warga Muhammadiyah. “Silaturahim memanjangkan umur dan menambah rezeki. Kayaknya ini menjadi motivasi orang-orang Muhammadiyah sehingga acara yang mereka gagas selalu ramai. Ini harus terus dipelihara, bahkan harus ditingkatkan,” ujar Irman Gusman (Humas UMSB)

 

 

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909