info@umsb.ac.id (0751) 482274

Diskusi Online “Etnomatematika Dalam Budaya Minangkabau”

Oleh:   |   Senin,20 Juli 2020 10:36:00
Dibaca: kali

[HUMAS-UMSB]. Diskusi Online “Etnomatematika Dalam Budaya Minangkabau” yang disponsori oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Acara yang berlangsung pada hari Senin, 20 Juli 2020 pada pukul 20.00 s/d 22.00 Wib, bersama narasumber Endang Sulistyowati, M.Pd (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) bersama Dr Rozi Fitriaza, M.Pd (Dosen UIN Imam Bonjol Padang dan dimoderatori oleh Irwan, S.H.I, M.H Sekjen Portal Bangsa Istitute.

Diskusi Online disponsori oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Bakaba.co, Sumbar Time, Law Sehati, dan Portal Bangsa, mengusung tema yang cukup penting, yaitu, Etnomatematika Dalam Budaya Minangkabau.

Seperti yang disampaikan oleh Endang Sulistyowati, salah seorang narasumber, bahwa  Etnomatematika keberadaannya sering tidak disadari oleh masyarakat, karena seringkali terlihat lebih sederhana dari bentuk formal matematika sekolah dikarenakan tidak adanya rumus sehingga tidak dianggap matematika.

Etno merupakan hasil dari budaya seperti artefak/ bangunan seperti rumah gadang, istana pagaruyuang, jam gadang. Obyek wisata seni budaya sehingga potensi etnomatematika ada untuk meneliti secara hitungan dari suatu budaya, menghitung suatu budaya dengan cara kebiasaan dimasyarakat dan etnomatematika bisa menjadi sumber belajar bagi siswa dalam keseharian dalam masyarakat.

Dr. Rozi Fitriaza, M.Pd selaku pemateri kedua membahas etnomatematika pada arsitektur tradisional Rumah Gadang, etnomatematika merupakan Kajian yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengetahuan tentang matematika pada ide, aktivitas ataupun artefak yang dimiliki oleh sesuatu kelompok masyarakat, dimana ide aktivitas atau artefak tersebut sudah menjadi kekhasan/ ciri dari kelompok masyarakat itu.

Etnomatematika rumah gadang bisa dijadikan pembelajaran terutama pembelajaran matematika, tunggak tuo yang membangun rumah gadang yang tidak memiliki pendidikan yang formal tetapi mampu memiliki kemampuan yang luar biasa dalam pembangunan rumah gadang.

 

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274