Webinar IMM dan BEM Fakultas Hukum UMSB, "PENGESAHAN UU Omnibus Law" Suka Cita Para Pejabat atau Duka Cita Rakyat”

Kamis 15 Oktober 2020 10:56:00

Bukittinggi, Humas UMSB - Telah terjadi pengesahan UU Omnibus Law di DPR pada Senin, 5 Oktober 2020. Palu tanda pengesahan telah diketuk oleh Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin. Sebelumnya, pada bulan lalu Rancangan UU Omnibus Law Cipta Kerja ini mendapat polemik pro dan kontra. Dalam undang-undang tersebut ada permasalahan dinilai merugikan buruh, pekerja, sektor lingkungan serta UMKM dalam undang-undang Omnibus Law.

Oleh karena itu PK IMM MUADZ BIN JABAL Cabang Bukittinggi dan BEM Fakultas Hukum UMSB membuka ruang diskusi dan mengkaji lebih dalam terhadap UU Omnibus Law Ciptaker. Mengangkat tema Pengesahan UU OMNIBUS LAW "Suka Cita Pejabat atau Suka Cita Rakyat”. (Rabu, 14/10/2020)

Kegiatan webinar dibuka langsung Oleh Dekan Fakultas Hukum UMSB Dr. Sukmareni, S.H M.H, menyampaikan UU Omnibus Law Ciptaker intinya penyederhanaan peraturan agar mempermudah perizinan usaha, idenya sangat bagus tetapi fakta yang kita lihat banyak UU mendapatkan kritikan dari berbagai organisasi, politisi, praktisi dan akademisi sehingga meresahkan masyarakat.

Diharapkan nantinya, mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya memiliki pemahaman yang utuh tentang UU Omnibus Law Ciptaker.

Acara webinar yang di moderator oleh Leady Leanosa Mahasiswa Fakultas Hukum UMSB menghadirkan pembicara nasional seperti Feri Amsari, SH, MH Direktur PuSaKO UNAND juga merupakan Dosen Fakultas Hukum UNAND, dan Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH Direktur LuHak Fak. Hukum UMSB.

Dalam pemaparannya Feri Amsari, SH, MH mengatakan “dalam pembuatan UU dibutuhkan proses waktu yang lama diperlukan lobi melobi, diskusi dan negoisasi, oleh karena itu ada ide untuk menyederhanakan atau menyatukan beberpa UU dalam UU Omnibus Law sehingga lobi melobi, diskusi dan negoisasi hanya terjadi dalam satu waktu”.

Setelah berjalan baru disadari bahwa UU yang dibuat satu ini membingungkan masyarakat, apa sebenarnya core atau inti dari UU ini. Sehingga petensi disusupi pasal-pasal oleh orang-orang berkepentingan karena begitu banyaknya UU yang harus dibaca dan susah dipahami.

UU Omnibus Law berasal dari kata bus low yang berarti berbagai penumpang atau banyak penumpang yang satu tema diantarkan ke tujuannya masing- masing, maka dari penelitian banyaknya penyusup kepentingan yang mengabaikan kepentingan banyak orang. UU Omnibus Law Ciptaker ini juga terdapat adanya upaya pengabaian perlindungan Lingkungan.

Dr. Wendra Yunaldi, SH, MH mengatakan “ apakah  UU Omnibus Law Ciptaker ini akan benar-benar menciptakan pekerjaan karena harapannya adalah dibangunnya usaha baru seperti pabrik-pabrik baru, padahal saat ini masa pandemi dan masuknya era 4.0 masyarakat akan lebih banyak berinteraksi ekonomi secara daring, apakah akan selaras dengan industri 4.0”.

Indonesia sendiri bukan negara yang menganut common low sistem dan juga tidak cocok dalam kehidupan sosial masyarakat. Kita pahami  UU Omnibus Law Ciptaker  ini syarat dengan di tompangi oleh kepentingan dari beberapa orang, oleh karena itu kita butuh UU yang melindungi seluruh tumpah darah Indonesia.

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Sains Dan Teknologi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002, +62 853-6525-1025
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan & MIPA, Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909