“MENGHADIRKAN TEKNISI YANG BER-AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR” MENJADI TEMA DARUL ARQAM DASAR IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH PIMPINAN KOMISARIAT HAMKA

 Dipost Oleh: HUMAS UM SUMBAR       Tanggal: Rabu / 21 April 2021 11:38:00        Dibaca: 54 kali
Pembukaan Acara DAD IMM Pimpinan Komisariat Hamka Fak. Teknik UM Sumatera Barat

HUMAS UM SUMBAR– Pimpinan Komisariat Hamka Fakultas Teknik UM Sumatera Barat mengadakan Darul Arqam Dasar (DAD) dengan tema “Menghadirkan Teknisi yang Ber-Amar Ma’ruf Nahi Mungkar” Rabu 21 April 2021 sampai Sabtu 24 April 2021 di Convention Hall Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, L.C, M.Ag  Kampus III UM Sumatera Barat Bukittinggi .

Darul Arqom Dasar ini diikuti sebanyak 60 orang Mahasiswa baik dari Fakultas Teknik maupun dari Fakultas lain, baik dalam lingkungan UM Sumbar maupun dari Perguruan Tinggi Lain. Kegiatan ini merupakan pengkaderan di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang ingin bergabung dengan IMM. DAD sendiri menjadi  pintu masuk serta langkah awal bagi  mahasiswa untuk bergabung dengan Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik UM Sumbar Hariyadi, M.Kom, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bukittinggi, Pimpinan Daerah Aisyiyah Bukittinggi, Pimpinan Cabang IMM Bukittinggi, dan Pimpinan Daerah IPM Bukittinggi.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Fakultas Teknik Hariyadi, M.Kom mengatakan bahwa Tri Kompetensi Dasar IMM itu yakni religiusitas, intelektualitas, dan humanitas,” Dunia sekarang sedang memasuki revolusi industri 4.0 yang manusianya memiliki ketergantungan pada dua hal, yakni sinyal internet dan colokan listrik,” Kecakapan yang diperlukan pada abad 21 ini yakni kompetensi, literasi, dan karakter. Tiga hal ini yang membuat kita melek,” agar mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya tidak hanya di perkuliahan, namun juga penting berorganisasi. Perkuliahan yang anda ikuti saat ini akan memberikan anda pengetahuan hard skill, sedangkan dunia nyata yang akan anda hadapi nanti menuntut anda juga memiliki soft skill atau keterampilan yang hanya akan anda dapati jika aktif dan terlibat di dalam organisasi. katanya. 

Adapun tema yang diangkatkan oleh panitia memiliki tujuan memberikan pemahaman dan juga keyakinan terhadap ideologi IMM yang dengan itu diharapkan terbentuknya jiwa militansi kader kepada organisasi yang bertujuan agar kader IMM maju dalam segala aspek kehidupan.

Nama Darul Arqam asalnya berarti Rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibnu Abil Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Sebagai tempat perkaderan Islam di masa-masa pertama. Dari Darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibnu Thalib, Aisyah, dan lain-lain.

SHARE KE:

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Farmasi
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan , Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909