LEPAS MAHASISWA KKN, UM SUMATERA BARAT BERHARAP BUKAN HANYA SEBAGAI SEREMONIAL TAHUNAN

 Dipost Oleh: HUMAS UM SUMBAR       Tanggal: Kamis / 12 Agustus 2021 03:56:00        Dibaca: 181 kali

HUMAS UM SUMBAR- kegiatan pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dilaksanakan pada Selasa 12 Agustus di Convention Hall Yunahar Ilyas Kampus III UM Sumbar Bukittinggi. Sebanyak 534 Mahasiswa/i dari 16 Fakultas di UM Sumbar mengikuti kegiatan Tahunan KKN yang ditempatkan di Kabupaten Agam (Nagarai Baringin, dan Pasia Laweh) dan di Kabupaten Limapuluh Kota (Nagari Kubang, Talang Anau, dan Koto Tinggi).

Kegiatan ini juga dibarengi dengan penandatanganan MoU dengan Pemkab. Agam. Hadir dalam acara ini yakni Bupati Limapuluh Kota. Safaruddin, SH, Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Yosefriawan, Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, MA, Wakil Rektor I, Dr. Wedy Nasrul, M.Si, Wakil Rektor III, Moch. Abdi, MM, Dosen Pendamping Lapangan, dan Mahasiswa peserta KKN 2021.

Rektor UM Sumbar dalam sambutannya mengatakan bahwa KKN ini merupakan agenda tahunan dari UM Sumbar dan bentuk implementasi dari Tridharma Perguruan tinggi. Ini adalah bentuk implementasi dari ilmu yang didapatkan pada bangku kuliah dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika ilmu itu diimplementasikan, harus ada nilai yang ditonjolkan dan harus ada value yang dihasilkan. “mahasiswa merupakan duta kampus pada KKN ini dan diharapkan untuk menjaga nama baik individu, keluarga, dan UM Sumbar”, ujar beliau.

Beliau menambahkan bahwa selama ini UM Sumbar selalu berusaha untuk menjadi menara air yang akan mendatangkan manfaat untuk semua. Diharapkan ada hasil nyata dari KKN yang dilaksanakan dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Kegiatan pelepasan mahasiswa KKN ini juga dibarengi dengan penandatanganan MoU dengan Pemkab. Agam. Sebelumnya kita sudah menandatangani MoU, namun karean ada beberapa hal spesifik yang ditambahkan maka UM Sumbar dan Pemkab Agam sepakat untuk menandatangani ulang MoU dengan harapan dapat segera diimplementasikan dan dijadikan MoA. “MoU harus dibumikan dan diaplikasikan ditegah masyarakat sehingga tidak hanya menjadi perjanjian kosong diatas kertas” pungkas beliau.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, SH Menyampaikan bahwa Nilai Intelektual, Spiritual, dan emosional harus diseimbangkan dalam kehidupan sehari-hari. UM Sumbar sebagai salah satu perguruan tinggi dinilai sudah menerapkan hal tersebut, dimana selain intelektual yang di tingkatkan, UM Sumbar juga membekali mahasiswa dengan nilai spiritual dengan adanya mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta kecerdasan emosional dengan adanya pelaksanaan KKN.

Dalam kesempatan ini beliau juga mengucapkan terimakasih kepada UM Sumbar dimana dari KKN yang dilakukan sebelumnya di Kabupaten Limapuluh Kota, UM Sumbar berhasil “Membranded” Kampuang wisata sarugo (Saribu Gonjong) sehingga menjadi juara 2 dalam Anugerah Pesona Indonesia Kategori Kampung Adat Terpopuler. Ini bentuk nyata dari KKN Yang memberikan hasil yang nyata ditengah Masyarakat.

Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Pemkab. Agam, Drs. Yosefriawan menyampaikan bupati agam saaat sekarang memprioritaskan untuk peningkatan kualitas dari SDM denga cara meberikan tunjangan hidup bagi putra-putri agam yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, kemudian adanya wacana untuk ASN yang menempati jabatan struktural harus berpendidikan S2, walaupun secara aturan belum dirumuskan. Kerjasama yang terjalin ini diharapkan bukan hanya sebatas MoU namun dapat terimplementasi dengan baik di tengah masyarakat. Dan dapat memberikan dampak yang baik bagi kedua belah pihak.

Beliau juga menyampaikan bahawa peran mahasiswa sebagai Agent Of Change dapat diterapkan dengan baik ditengah masyarakat, bisa beradaptasi dan bisa belajar langsung di tengah masyarakat karena sejatinya mahasiswa akan kembali ke masyarakat setelah menamatkan pendidikan. “Ber-KKN dengan baik dan belajar dengan baik sehingga bisa jadi contoh yang baik di tengah masyarakat” ujar beliau.

Hubungi Kami :

Kampus I Padang
-------------------------------------------
Rektorat, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi,
Fakultas Kehutanan, Pasca Sarjana,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Farmasi
Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang
Telepon: (0751) 482274, (0751) 4851002
Fax: (0751) 482274
Email: info@umsb.ac.id
 
Kampus II Padang Panjang
-------------------------------------------
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jln. RI. Dt. Sinaro Panjang No.1-6
Komplek Muhammadiyah Kauman, Padang Panjang.
Telepon: (0752) 82612, 081274437882
Fax: (0752) 82612
 

Kampus III Bukittinggi
-------------------------------------------
Fakultas Hukum,Fakultas Pariwisata,
Fakultas Kesehatan , Fakultas Teknik
Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi
Telepon: (0752) 625737, 081267462103
Fax: (0752) 625737
 
Kampus IV Payakumbuh
-------------------------------------------
Fakultas Pertanian
Jln. Soekarno Hatta Koto Nan IV Payakumbuh (Belakang DPRD Kota Payakumbuh)
Telepon: (0752) 93909
Fax: (0752) 93909