info@umsb.ac.id (0751) 482274

Prodi Ilmu Keperawatan Dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Um Sumbar Adakan Pendampingan Eksternal Hadapi Akreditasi

Dipost Oleh: HUMAS UM SUMBAR       Tanggal: Sabtu / 20 November 2021 10:33:00        Dibaca: 143 kali
Pendampingan Eksternal Akreditasi Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan UM Sumbar

HUMAS UM SUMBAR- Akreditasi merupakan standar ukuran tentang mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi, dan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang sudah siapnya suatu perguruan tinggi tersebut dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah (kemendikbud) dalam tahap proses globalisasi pendidikan untuk daya saing secara global dimasa datang.

Untuk itu, Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kesehatan UM Sumbar lakukan pendampingan eksternal akreditasi yang dilaksanakan di Convention Hall Kampus III UM Sumbar, Sabtu 20 November 2021. Acara ini dilaksanakan untuk menyiapkan proses akreditasi Prodi yang akan dihadapi agar memperoleh hasil maksimal dalam proses akreditasi tersebut.

Hadir dalam acara tersebut yakni Dr. Muhammad Hadi, M.Kep Dosen UM Jakarta yang menjadi pendamping eksternal  dalam kegiatan ini, Dr. Wedy Nasrul, M.Si Wakil Rektor I UM Sumbar, Dedi Satria, S.SI., M.Eng., PH.d, Ketua LP3M yang sekaligus Dekan Fak. Farmasi UM Sumbar, Dekan Fakultas kesehatan Yuliza Anggraini, S.ST.,M.Keb, Ketua Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Dosen dan Karyawan Fakultas Kesehatan UM Sumbar.

Dr. Wedy Nasrul, M. Si dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa pendampingan eksternal ini perlu dilakukan untuk menilai kesiapan kita dalam menghadapi akreditasi dari prodi yang sebentar lagi akan kita hadapi. Akreditasi dari Fakultas Kesehatan berbeda dengan Fakultas lainnya karena kalau fakultas lain penilaian dilakukan langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), namun sejak 2015 ada lembaga khusus  yang menangani Fakultas Kesehatan yakni Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

LAM-PTKes ini memiliki wewenang dalam penentuan akreditasi Fakultas Kesehatan namun tetap dibawah Evaluasi (Pengawasan) dari BAN-PT. Pendampingan ini diharapkan dapat diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga kita dapat mengukur kesiapan kita dalam mengadapi akreditasi sehingga kita dapat memaksimalkan kekurangan yang ada menjelang dilaksanakannya proses penilaian oleh tim asesor nantinya, pesan Wakil Rektor I UM Sumbar.

Dr. Muhammad Hadi, M.Kep dalam sambutannya menyampaikan  akreditasi harus dapat dipahami secara baik, bukan hanya dalam bentuk tulisan namun juga dari implementasi atau data faktual yang ada. Pendampingan eksternal ini diperlukan sebagai tolak ukur bagi Fakultas atau Program Studi untuk melihat kesiapan dalam menghadapi akreditasi. Tutur Beliau. Besar harapan dengan adanya pendampingan ini dapat memaksimalkan persiapan akreditasi sehingga Kulaitas dan Kuantitas dari sebuah Fakultas dan Prodi dapat meningkat.

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274

Loading
Your message has been sent. Thank you!