info@umsb.ac.id (0751) 482274

Kemenpora Adakan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,07 Januari 2022 01:46:00
Dibaca: 58 kali
Natasha Octarifana Perwakilan BEM Fakultas Hukum UM Sumatera Barat

HUMAS UM SUMBAR - Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional yang disingkat PKPMN adalah pelatihan untuk mendidik para pemuda untuk menjadi seorang pemimpin. PKPMN ini dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan telah dilaksanakan sejak tahun 2020 yang mana dinamakan PKPMN angkatan I. Dan di tahun 2021 ini dilaksanakan kembali kegiatan PKPMN angkatan II. Sebanyak 8.857 para pemuda Indonesia mendaftarkan diri untuk mengikuti PKPMN angkatan II dan di seleksi sampai tersisa 50 pemuda dari berbagai Provinsi se Indonesia yang mengikuti kegiatan PKPMN angkatan II ini.

Perwakilan mahasiswa dari Sumatera Barat ada  3 Mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda, ada dari Perwakilan BEM Fakultas Hukum UM Sumatera Barat, Perwakilan BEM UNAND, dan HMI Cab Kota Bukittinggi. Perwakilan BEM UM Sumatera Barat Natasha Octarifana, PKPMN dilaksanakan secara daring dan luring, yang mana daring dilaksanakan 4 hari dari tanggal 8-11 Desember 2021 dengan Pembukaan kegiatan pada tanggal 8 Desember 2021. Dalam kegiatan daring, para peserta PKPMN diberikan sebuah bekal atau sebuah pendidikan dari narasumber dengan materi tentang Peranan Pancasila dalam Mendukung Ketahanan Nasional dan Kewaspadaan Nasional dilanjutkan dengan diskusi dan pendalaman materi, ujar beliau.

Dalam pelaksanaan secara luring para peserta diajak untuk berkunjung Kementrian Pemuda dan Olahraga di Jakarta Pusat, dalam kunjungan ke Kemenpora disambut oleh staf-staf dan dihadiri bapak Deputi. Selesai berkunjung ke Kemenpora peserta diberikan kesempatan untuk berfoto-foto di Monas, setelah itu langsung kembali ke penginapan dan langsung makan malam. Pada malam hari peserta diberikan arahan dan materi dari Bapak Asdep yaitu Bapak Dr. Ibnu Hasan, S.Pd.,M.Pd.

Hari terakhir kegiatan PKPMN II tanggal 18 Desember 2021, peserta melaksanakan kegiatan outbound yang dilaksanakan di dekat Mega Mendung Puncak, Bogor. Banyak sekali permainan outbound yang dilakukan oleh para peserta, seperti flying fox, berjalan di tali dan lain-lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk hari keakraban para peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dan menguji seberapa dekat para peserta PKPMN II ini. Outbound dilaksanakan dari pagi hingga sore hari. Setelah selesai outbound peserta kembali ke penginapan. Setelah sampai di penginapan, peserta di arahkan untuk merapikan diri dan setelah itu makan malam. Selesai makan malam, dilaksanakan Pembahasan mengenai Program Pasca Pelatihan PKPMN II ini. Setelah itu dilanjutkan dengan penutupan Kegiatan Pelatihan PKPMN Angkatan II tahun 2021 dan sekaligus penyerahan sertifikat kepada para peserta dan kepada peserta terbaik. Besoknya para pemuda PKPMN II ini berangkat pulang kembali ke daerah masing-masing, tutup beliau. (Fakultas Hukum UM Sumbar)

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274