info@umsb.ac.id (0751) 482274

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jemput Mahasiswa PPL Tahun Ajar 2021/2022

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,14 Januari 2022 02:08:00
Dibaca: 35 kali
Penjemputan Mahasiswa PPL Fakultas Agama Islam UM Sumbar

HUMAS UM SUMBAR - Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melakukan penjemputan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2021/2022 yang masa praktiknya telah berakhir. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Fakultas Agama Islam. PPL FAI telah dimulai semenjak bulan Oktober dan berakhir di bulan Januari ini. Total ada 19 instansi/sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan PPL FAI ini. Diantaranya Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Man 1 Padang Pariaman, MAN Padusunan Pariaman, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat, Rutan Anak Air Kelas II B Padang, LP Kelas II A Muaro Padang, Pengadilan Agama Padang kelas 1A, Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Kota Padang, Panti Asuhan ‘Aisyiyah Koto Tangah, KUA Padang Selatan, KUA Nanggalo, dan tempat lainnya.

Dalam pelaksanaan PPL FAI ini, mahasiswa didampingi oleh pamong di instansi/sekolah terkait dan juga Dosen Pembimbing Lapangan. Ketua Panitia PPL FAI Tahun Akademik 2021/2022, Thaheransyah, S.Sos.I, M.A menyampaikan bahwa PPL ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah langsung di lapangan. Selain itu, dengan adanya PPL ini juga mempersiapkan lulusan Fakultas Agama Islam UM Sumatera Barat agar siap langsung bekerja ketika lulus.

Ketika acara penjemputan dibeberapa instansi, pihak sekolah ataupun instansi menyampaikan kepuasan mereka terhadap mahasiswa PPL FAI di tempat mereka. Seperti kepala sekolah MAN 1 Padang Pariaman, Amrizon, S.Pd, M.Pd.I menyampaikan bahwa “Mahasiswa PPL FAI punya talenta, mereka semua aktif dalam kegiatan di sekolah, dan hal itu secara otomatis jadi iklan promosi untuk UM Sumbar sehingga siswa kita bisa tertarik meneruskan pendidikan di UM Sumbar". Kemudian Kepala Kepegawaian, Umum, dan Administrasi Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, Taufik Hidayat, S.Th.I., M.Pd dalam sambutannya saat acara penjemputan menyampaikan “sebenarnya berat untuk melepas kepulangan mahasiswa PPL FAI, jika bisa, pihak ponpes ingin lebih lama lagi bersama mahasiswa, namun setiap perjumpaan ada perpisahan, mudah-mudahan mahasiswa FAI bisa kembali ke ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi dengan status yang baru sebagai pengajar”.

Dekan Fakultas Agama Islam UM Sumatera Barat, Dr. Firdaus, M.H.I, yang juga turut hadir saat acara penjemputan, menyampaikan apresiasi kepada Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Parabek itu Parak Ubek, Semak Obat, obat hati, obat jiwa, obat raga. Sangat bersyukur mahasiswa kita bisa melaksanakan praktik di tempat ini, banyak ilmu-ilmu baru yang mereka peroleh sehingga kemampuan mereka meningkat selepas mengabdi di tempat ini. Semoga kerjasama ini tetap terjalin dengan baik di tahun-tahun berikutnya.”

Acara penjemputan ini dilakukan dalam 2 hari yaitu tanggal 11 Januari dan 13 Januari 2022. Total mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL ini adalah 87 orang. Dalam acara penjemputan ini, juga diberikan kenang-kenangan kepada sekolah/instansi serta sertifikat kepada pamong. Semoga mahasiswa UM Sumatera Barat tidak hanya menjadi menara gading namun bisa menjadi menara air yang memberi manfaat dimanapun berada. (Rayhan Personalia FAI)

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274