info@umsb.ac.id (0751) 482274

Pahami Pola Makan Sehat Bersama Pakar Kesehatan UM Sumatera Barat

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,19 April 2022 09:18:00
Dibaca: 67 kali
Foto oleh Daria Shevtsova

HUMAS UM SUMBARSelama berpuasa tubuh tidak menerima asupan apapun dalam kurun waktu tertentu, biasanya kita melakukan sarapan pagi, makan siang, dan makan malam untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh sehari-hari.

Meski tidak makan dan minum seharian, bukan berarti tidak mungkin kita menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan saat berpuasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan pola hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini dijelaskan oleh Yuliza Anggraini, S.ST., M Keb, pakar kesehatan dari Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat.

Dekan Fakultas Kesehatan UM Sumatera Barat ini menjelasakan, selama puasa tubuh kekurangan asupan nutrisi sehingga perlu dicukupi pada saat sahur dan berbuka puasa. Selama berpuasa juga terjadi perubahan jadwal dan jumlah makan. Dihari biasa kita bisa makan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari ditambah dengan cemilan. Namun dibulan Ramadhan kita hanya bisa makan sebanyak dua kali yaitu saat sahur dan berbuka.

Aktivitas puasa sangat baik bagi kesehatan hal tersebut telah teruji secara klinis yaitu dapat menurunkan kolesterol seperti LDL, trigliserida, dan kolesterol total. Bukan itu saja puasa dapat mengontrol gula darah dan resistensi insulin, serta dapat menurunkan berat badan jika dibarengi dengan pola makan yang tepat.

Berikut ini pola makan sehat saat berpuasa menurut pakar kesehatan:

Saat Sahur 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat tinggi, seperti buah, sayur, dan whole wheat. Hal ini membantu mempertahankan rasa kenyang selama berpuasa.
  2. Hindari makanan yang asin, cepat saji, pedas atau acar, karena makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus saat berpuasa.
  3. Perbanyak asupan cairan, baik dari air putih ataupun makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah, sayur dan sup.
  4. Usahakan makan sahur setengah jam sebelum imsak.

Saat Berbuka

  1. Disaran untuk minum segelas air dahulu sebelum mengonsumsi makanan untuk optimalkan asupan cairan karena tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa.
  2. makanlah secara perlahan, hindari makan makanan yang berat namun dimulai dengan meminum air putih, memakan takjil dan kemudian makanan utama dengan renggang waktu 5 jam dari waktu berbuka.
  3. Pilihlah makanan dengan kandungan gula yang cukup serta rendah lemak untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama berpuasa.
  4. Konsumsi makanan secukupnya dan tidak berlebihan.

Frans

SHARE KE:

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274