info@umsb.ac.id (0751) 482274

Setitik Surga Di Kelurahan Pakan Labuah

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,02 Juni 2022 11:42:00
Dibaca: 131 kali
Hamparan Hijau Persawahan Dengan Latar Belakang Gunung Marapi Di Sore Hari

HUMAS UM SUMBARBukittinggi sebagai Kota wisata selalu berusaha mengahadirkan keindahan destinasi terbaru yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Seperti halnya kelurahan Pakan Labuah, kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh yang menyimpan berjuta keindahan daya tarik wisata berupa hamparan luas persawahan dan pemandangan gunung Marapi, gunung Singgalang, hingga pegunungan Bukit Barisan.

Hamparan persawahan ini layaknya surga tersembunyi yang sangat layak dijadikan destinasi wisata terbaru di kota Bukittinggi, terlihat ditengah hamparan persawahan terdapat jalan yang membentang sejauh lebih kurang satu kilometer yang bisa digunakan wisatawan dalam menikmati keindahan alam di kelurahan Pakan Labuah ini.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pakan Labuah Muhammad Iqbal, STr.Par yang merupakan alumni Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat mengatakan, potensi wisata yang dimiliki kelurahan ini sangatlah besar, alamnya menawarkan hamparan sawah yang sangat luas dengan latar belakang gunung Marapi, gunung Singgalang, dan pegunungan Bukit Barisan.

 

Iqbal menyampaikan, “Hamparan Sawah dan bentang Pegunungan ini akan terlihat lebih eksotis jika disaksikan pada sore hari terutama saat matahari mulai tenggelam”

“Rencananya wilayah ini akan kami jadikan kawasan wisata keluarga dan wisata edukasi”, ucapa alumni Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat ini melanjutkan.

Dalam waktu dekat kita akan buat jalan yang membentang diatas persawahan agar wisatawan dapat lebih leluasa menikmati keindahan alam sambil ber-swafoto sesuai keinginan dan selera masing-masing. Tidak sampai disitu, pada saat-saat tertentu wisatawan juga dapat mempelajari dan melakukan secara langsung tata cara bertanam padi dan beternak bersama petani  di sawah, inilah yang dimaksud dengan wisata edukasi ujar Iqbal penuh semangat.

Senada dengan Ketua Iqbal, Ketua Pusat Pengembangan Desa Wisata Kreativ UM Sumatera Barat Moch. Abdi, SE., MM saat berkunjung beberapa waktu yang lalu mengatakan hamparan persawahan yang berlatar belakang bentang alam gunung dan pegunungan ini sangat menakjubkan.

“Ini bagaikan surga tersembunyi, sangat menakjubkan. Jalan beserta pemandangan ini mengingatkan saya pada kawasan wisata Svargabumi yang berada di Magelang,” ucapnya.

Moch. Abdi Saat Menjelaskan Kemungkinan Potensi Wisata di Kelurahan Pakan Labuah

Lanjutnya, UM Sumatera Barat siap mendampingi kelurahan Pakan Labuah beserta Pokdarwis, sebagaimana yang sudah kami lakukan pada beberapa daerah seperti kampung wisata Sarugo, Museum Buya Hamka, kampung wisata Sungai Batang dan lainnya.

Kita awali dengan observasi guna menentukan profil kawasan wisata, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama segenap komponen masyarakat agar kita bisa menyatukan visi dan misi dalam membangun desa atau kawasan wisata, seterusnya memberi pembekalan pada Pokdarwis,  ujar Abdi yang juga merupakan Wakil Rektor III UM Sumatera Barat tersebut.

Frans Fradinen

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274