info@umsb.ac.id (0751) 482274

UM Sumatera Barat Fasilitasi Pengukuhan Pengurus Fokal IMM

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Senin,06 Juni 2022 10:40:00
Dibaca: 80 kali

HUMAS UM SUMBAR-Sejumlah tokoh akademisi, praktisi, profesional, dan usahawan kenamaan, bergabung ke dalam wadah berhimpun Forum Keluarga Alumni (Fokal) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumatera Barat. Mereka merupakan kader-kader Muhammadiyah yang pernah mengecap pembinaan IMM.

Kepengurusan Fokal IMM itu, sesungguhnya sudah terbentuk setahun lalu namun karena pandemi Covid-19 yang melanda, pengukuhannya tertunda hingga Jumat (3/6) malam. Pengukuhan pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Fokal IMM Sumatera Barat periode 2021-2025 itu dilakukan Ketua Umum Koordinatoriat Nasional Fokal IMM Armyn Gultom, di Auditorium Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Pasir Kandang, Kecamatan Koto Tangah, kota Padang.

Siangnya, Korwil Fokal IMM Sumatera Barat melakukan pembinaan kewirausahaan terhadap anggota, sekaligus pelatihan digitalitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sebagai tindak lanjut dari kerjasama Kornas Fokal IMM dengan Bank Syari’ah Indonesia (BSI).

Sekretaris Umum Korwil Fokal IMM Sumbar Nasrul A menjelaskan, Minggu (5/6), hampir seluruh anggotanya adalah tokoh-tokoh masyarakat di Sumatera Barat yang bergerak di berbagai bidang profesi. Karena berasal dari beragam aktivitas, maka hal demikian menjadi kekuatan besar bagi Korwil Fokal IMM Sumatera Barat untuk maju  dan meningkatkan kiprah, tanpa mengabaikan posisinya sebagai kader Muhammadiyah, tuturnya.

“Dengan telah dikukuhkan oleh Kornas Fokal IMM, kita akan memulai berbagai kegiatan, baik untuk pemberdayaan masyarakat maupun peningkatan kapasitas anggota. Kita juga akan melakukan penguatan terhadap anggota yang bergerak di sektor UMKM melalui kerjasama dengan BSI,” jelas Nasrul yang dikenal sebagai akademisi dan usahawan muda Muhammadiyah di Sumatera Barat.

Sementara itu usai melakukan pelantikan terhadap pengurus Fokal IMM Sumatera Barat Armyn Gultom menyampaikan, dengan telah dilantiknya pengurus Korwil Fokal IMM Sumbar, diharapkan bisa semakin memperkuat posisi gerakan dakwah Muhammadiyah di Ranah Minang, yang sejak dahulu sudah dikenal sebagai tempat berkembangnya Muhammadiyah. Dari Sumatera Baratlah awal mula berkembangnya Muhammadiyah hingga ke berbagai pelosok nusantara dan mancanegara, ucapnya.

Lebih lanjut, Fokal IMM Sumatera Barat akan menyatukan langkah dalam memperkuat organisasi, sehingga bisa meningkatkan peran di tengah-tengah bangsa, menciptakan harmonisasi dalam kehidupan, dan selaku orang yang pernah mengecap pembinaan Muhammadiyah, maka tidak boleh pula setiap gerakannya lepas dari aturan-aturan yang berlaku di organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan tahun 1912 itu.

“Muhammadiyah adalah organisasi besar, di organisasi ini kita dibina dan berkarya.  Muhammadiyah adalah rumah besar kita, gerakan kebangsaan dan keumatan menjadi ajang kita berkontribusi dan berkiprtah,” tegasnya.

(MM/Potret Kita)

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274