info@umsb.ac.id (0751) 482274

Sandiaga Uno Ajak UM Sumatera Barat Berkolaborasi Dirikan Desa Wisata Bertaraf Internasional

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Sabtu,25 Juni 2022 11:36:00
Dibaca: 123 kali

HUMAS UM SUMBAR – Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat melalui Fakultas Pariwisata laksanakan seminar nasional kepariwisataan dengan tema “Kebangkitan Pariwisata Melalui Desa Wisata,” Jum’at (24/6).

Dekan Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat dalam laporannya menyampaikan, materi seminar nasional kali ini akan disampaikan oleh pakar dibidangnya masing-masing yaitu ; Drs. Luhur Budianda, SY.M.Si Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Deni Asra, S.Si Ketua DPD ADKI Sumatera Barat, Moch. Abdi, SE., MM Ketua Tim Pusat Study Desa Wisata Kreatif Fakultas Pariwisata UM Sumatera Barat, Dr. Vitria Arini, A.Par, PG.Dip., M.Sc, CEO Berbangsa Foundation, dan Muhammad Ikhsan, S.Tp., MM Branch Manager BSI kantor cabang Sudirman I kota Bukittinggi. Selain itu kegiatan ini turut dihadiri secara  daring oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan, “Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada UM Sumatera Barat yang telah mengundang saya untuk hadir dalam seminar nasional kepariwisataan ini.”

Sandiaga melanjutkan, saat ini kita berfastabiqul khairat dalam membangun desa wisata yang berprestasi, melihat pada minat wisatawan saat ini desa wisata sangat mendominasi dan menjadi destinasi unggulan dengan kearifan lokalnya masing-masing. Kami akan mendorong desa wisata yang berbasis lingkungan dan kebudayaan agar lebih dikenal serta berkemajuan, karena unsur terpenting dalam desa wisata adalah masyarakatnya.

Diakhir sambutannya Sandiaga Uno mengajak UM Sumatera Barat, penggiat pariwisata, akademisi pariwisata, dan masyarakat untuk saling bersinergi dan berkolaborasi mendirikan desa wisata yang bertaraf internasional.

“Indonesia kaya dengan desa wisata, mari promosikan bersama agar semakin mendunia,” tutup Sandiaga uno.

Rektor UM Sumatera Barat Dr. Riki Saputra, MA dalam sambutanya mengatakan bahwa UM Sumatera Barat terus berupaya, dan berbenah agar program yang  dibuat dan rencanakan tidak hanya di atas kertas namun lebih pada implementasi yang membangun peradaban.

Tema seminar nasional kepariwisataan sangat menarik dan sesuai dengan konsolidasi sosial geografik Sumatera Barat, hal ini akan membuka berbagai pintu sektor lainnya karena pariwisata tidak akan bertolak belakang bahkan saling bersinergi dengan kemanusiaan, kealaman, dan ketuhanan, ujar Riki Saputra.

Dia melanjutkan, tanpa kita sadari pola wisata sudah kembali dan beralih pada pola tradisional seperti naturalnya desa wisata, maka potensi desa wisata sangat besar untuk dikembangkan. Jika 300 desa wisata yang ada di Sumatera Barat berjalan sesuai harapan hal ini akan mendongkrak perekonomian rakyat kearah yang lebih baik, ucapnya.

Kedepannya kita akan lakukan lebih banyak seminar dan berbagi mengenai kepariwisataaan dengan berbagai stake holder, tutup Riki Saputra sembari membuka seminar nasional kepariwisataan secara resmi.

Seminar nasional kepariwisataan diawali dengan penandatanganan MoU antara UM Sumatera Barat dengan Berbangsa Foundation, dan ADKI (Asosiasi Desa Kreatif Indonesia) Sumatera Barat .

Tampak hadir perwakilan Dinas Pariwisata kota/kabupaten, perwakilan Lurah dan Nagari yang sudah melaksanakan MoU dengan UM Sumatera Barat, perwakilan Perguruan Tinggi yang memiliki program studi pariwisata, serta segenap civitas akademika dan mahasiswa UM Sumatera Barat.

Frans Fradinen / Sandra Desfi

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274