info@umsb.ac.id (0751) 482274

Waspadai Penyakit 'Ain, Berikut Cara Menghindarinya

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,14 Juli 2022 03:32:00
Dibaca: 619 kali

HUMAS UM SUMBAR - Beberapa waktu belakangan penyakit ‘ain jadi trending perbincangan hangat ditengah masyarakat. ‘Ain adalah penyakit non medis yang dipicu oleh pandangan yang disertai rasa iri, dengki oleh orang lain terhadap orang yang dipandangnya.

Dalam riwayat lain juga dijelaskan bahwa ‘ain bisa disebabkan oleh pujian yang disampaikan seseorang terhadap orang lain tanpa menyebut nama Allah, seperti memuji kecantikan/ketampanan seseorang. Selain itu ‘ain juga bisa disebabkan oleh diri sendiri, misalnya saat bercermin anda memuji diri sendiri. Maka dari itu tambahkanlah kalimat “masya Allah” saat memuji diri sendiri maupun orang lain, agar terhindar dari ‘ain.

Penyakit ‘ain sudah ada sejak dahulu kala,Rasulullah SAW membenarkan bahwa penyakit ‘ain itu benar adanya. Beliau mengajarkan kepada kita umatnya untuk banyak berdzikir mendekatkan diri pada Allah SWT agar terhindar dari penyakit ‘ain.

Dalam satu riwayat Rasulullah menjelaskan :
“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa.” (HR. Muslim No. 2188).

‘Ain merupakan penyakit yang berbahaya hingga bisa menyebabkan kematian, Rasulullah mengajarkan kita umatnya untuk membaca do’a agar terhindar dari penyakit ‘ain, do’a ini juga pernah beliau bacakan untuk kedua cucunya Hasan dan Husein.

"Dengan nama Allah, saya meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dari kejahatan setiap jiwa atau setiap mata yang dengki, semoga Allah menyembuhkanmu, dengan nama Allah saya meruqyahmu." (HR. Muslim)

Dilansir dari akun instagram Perempuan Hijrah, kita dihimbau agar selalu membaca tiga surah berikut supaya terlindung dari bahaya ‘ain.

  1. Surah Al- Baqarah Ayat 255 ; nama lain surah ini adalah ayat kursi, untuk menjaga diri dari segala hal yang bersifat buruk, kejahatan setan ataupun manusia.
  2. Surah Yasin Ayat 9 ; agar tidak terlihat oleh makhluk ghaib dan mata ‘ain manusia.
  3. Surah Al-Falaq ; melindungi diri dari buhul-buhul sihir dan kejahatan manusia yang dengki atau yang tidak menyukai kita.

Sebagai tambahan jangan lepas dzikir pagi dan petang, semoga kita selalu dilindungi Allah SWT dari bahaya ‘ain.

Frans Fradinen

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274