info@umsb.ac.id (0751) 482274

Pembekalan Mahasiswa KKN UM Sumatera Barat Tahun 2022

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Kamis,04 Agustus 2022 11:49:00
Dibaca: 75 kali

HUMAS UM SUMBAR – Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat berikan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Convention Hall Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag dan Convention Hall Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA, Selasa (2/8) dan Rabu (3/8). KKN tahun ini akan dilaksanakan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Sijunjuang (Sijunjung), kata Rudi Kurniawan Arief, ST., MT., Ph.D selaku ketua panitia KKN UM Sumatera Barat tahun 2022.

Jumlah Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN sekira 544 orang, jauh berkurang dari yang kita sampaikan sebelumnya mengingat banyak mahasiswa kita yang lulus program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM) dan program Kampus Mengajar, kata Rudi menambahkan.

Beliau melanjutkan, 544 mahasiswa akan ditempatkan di 8 Nagari dan 41 Jorong, 6 Nagari di Sijunjuang dan 2 nagari di Pasaman. Kegiatan ini akan kita laksanakan selama 40 hari dari tanggal 11 Agustus hingga 21 September 2022. Rudi berpesan agar mahasiswa menjaga nama baik Universitas dan diri mereka sendiri sebagai intelektual dengan menghormati dan menaati nilai, aturan, dan norma yang berlaku ditengah masyarakat.

Senada dengan Rudi, Ketua Badan Pelaksana (BP) KKN Edi Novra, M.Par mengatakan sebagai intelektual Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, mahasiswa dihimbau untuk menjaga marwah Muhammadiyah, kampus, dan nama baik keluarga dengan menghormati nilai norma yang berlaku di masyarakat.

“Ini perlu sekali kita pelihara jangan sampai terdengar kabar jika mahasiswa Muhammadiyah jadi biang dalam perkelahian, jangan ada perempuan atau laki-laki yang memakai celana pendek atau ketat,” kata Edi menegaskan.

Selain itu Rektor UM Sumatera Barat Dr. Riki Saputra, MA melalui Wakil Rektor III Moch. Abdi, SE., MM mengatakan  KKN merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk beradaptasi  secara nyata, berkolaborasi dengan lingkungan baru, dan bersinergi dengan orang-orang baru dengan harapan bisa melakukan transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah kita dapatkan di kampus ini.

Sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi kita patut berbangga karena KKN UM Sumatera Barat merupakan permintaan dari kepala daerah yang menginginkan mahsiswa kita untuk ber-KKN di daerah mereka. Dan untuk tahun ini kita baru bisa mengakomodir dua Kabupaten ini, kata Abdi.

Frans Fradinen

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274