info@umsb.ac.id (0751) 482274

KKN UM Sumatera Barat Memberi Warna Berbeda Dari Perguruan Tinggi Lain

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,05 Agustus 2022 09:57:00
Dibaca: 97 kali

HUMAS UM SUMBAR – Setelah memberikan pembekalan mengenai Kuliah Kerja Nyata (KKN) kepada mahasiswa, kali ini giliran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mendapat pembekalan mengenai hak, kewajiban, dan teknis pelaksanaan KKN. Pembekalan KKN ini di ikuti sebanyak 36 DPL yang dilaksanakan di Convention Hall Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag., kampus III Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Bukiktinggi (Bukittinggi), Kamis (4/8).

Ketua panitia pelaksana KKN UM Sumatera Barat tahun 2022 Rudi Kurniawan Arief, ST., MT., Ph.D mengatakan KKN tahun ini mengangkat tema Awakening, Energizing, Empowering dimana kita akan berusaha untuk membangun, dan memberikan semangat serta memberdayakan masyarakat setelah pandemi, diharapkan kita bisa memberi warna baru kepada masyarakat.

Kegiatan ini Inysa Allah akan kita lakukan di Kabupaten Sijunjuang, dan Kabupaten Pasaman, di 8 Nagari dengan 41 Jorong. KKN tahun ini diikuti oleh 544 mahasiswa berkurang dari perkiraan kita sebelumnya, mengingat banyaknya mahasiswa kita yang lolos seleksi Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan program Kampus Mengajar, kata Rudi.

KKN UM Sumatera Barat tahun ini berbeda dari sebelumnya,karena Fakultas Kesehatan ikut andil dalam menyemarakkan kegiatan ini, kita berharap hal ini akan terus berlangsung dan Fakultas Kesehatan dapat mengirim lebih banyak lagi mahasiswanya untuk mengikuti KKN, harap Rudi.

Sebagai intelektual muslim kita memiliki tanggung jawab moril kepada masyarakat dengan menjaga nama baik Agama, Keluarga, dan Muhammadiyah itu sendiri, karena baik atau buruk yang kita lakukan akan berdampak pada ketiga hal tersebut, ucap Rudi menambahkan.

Ketua Badan Pelaksana (BP) KKN UM Sumatera Barat Edi Novra, M.Par melalui Sekretaris BP KKN Muhammad Iqbal, S.Tr.Par mengatakan, KKN merupakan program wajib di UM Sumatera Barat. Kami selaku BP KKN diamanahkan Rektor untuk melaksanakan KKN di UM Sumatera Barat, dalam upaya menunjang keberhasilan pelaksanaannya, BP KKN membentuk panitia pelaksana yang diketuai oleh Rudi Kurniawan Arief, ST., MT., Ph.D.

Oleh sebab itu kami minta kerjasama dari bapak/ibu DPL agar dapat membimbing mahasiswa kita dalam melaksanakan KKN, dengan harapan KKN UM Sumatera Barat memiliki warna yang berbeda dari pada KKN Perguruan Tinggi lainnya. Maka secara langsung dan tidak langsung KKN ini sudah bertindak sebagai ajang promosi bagi kampus kita, ucap Iqbal.

Disisi lain Rektor UM Sumatera Barat Dr. Riki Saputra, MA melalui Wakil Rektor III Moch. Abdi, SE., MM menyatakan sependapat dengan Sekretaris BP KKN. Menurutnya KKN yang dilakukan UM Sumatera Barat jangan hanya bersifat seremoni kewajiban, namun dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

Seperti yang sudah kita lakukan pada KKN tahun 2019, kita mampu mem-branding sebuah daerah terpencil, yang bahkan tidak memiliki sinyal menjadi sebuah kampung wisata yang sudah dikenal di tingkat nasional hingga internasional. Ini merupakan salah satu dampak yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat, dan oleh pemerintah terhadap efek yang diberikan KKN UM Sumatera Barat tahun 2019, kata Abdi.

Bicara mengenai KKN, UM Sumatera Barat memiliki rencana bersama dengan mahasiswa dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Turki melalui Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki dengan menginisiasi kegiatan sejenis KKN yang dikemas dengan konsep Mentari Dari Turki (MDT). Kagiatan ini akan diikuti oleh 20 orang mahasiswa yang akan dilaksanakan di Nagari Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjuang.

Mentari Dari Turki merupakan program rutin tahunan yang dilakukan oleh PPI Turki, tahun ini jadwal pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal KKN UM Sumatera Barat yang salah satunya juga dilaksanakan di Nagari Sumpur Kudus, dengan harapan dapat bergabung dengan mahasiswa KKN dari UM Sumatera Barat. Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa Buya Syafii Maarif, melalui KKN tahun 2022 ini kita berencana mem-branding Sumpur Kudus sebagai kampung Buya Syafii Maarif, kata Abdi.

Frans Fradinen

 

 

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274