info@umsb.ac.id (0751) 482274

Nadiem Makarim Buka Pomnas Ke-17 di Padang

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Jumat,18 November 2022 02:05:00
Dibaca: 51 kali

Humas UM Sumatera Barat - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-17 tahun 2022 di Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/11). Pada kesempatan ini, Nadiem menekankan perlunya memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.  

“Kita harus selalu ingat bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga. Karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti POMNAS penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi,” kata Nadiem di depan peserta dan pendamping POMNAS 2022.

Seperti diketahui tema POMNAS tahun ini adalah ‘Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas’ dengan moto ‘Hebat, Bersahabat, Terhormat’. Peserta POMNAS ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

POMNAS tahun ini diikuti 2.985 atlet dari 408 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Ikut serta dalam kegiatan ini dua orang atlet dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yakni Dimas Wicaksono, M. Abdi Hikmara yang akan berlaga di cabang olahraga tenis dan bulu tangkis.

Pertandingan akan berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 17 sampai 26 November tahun 2022. Adapun event POMNAS XVII di Sumbar ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw. Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dilakukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Sedangkan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas.

“Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet peserta POMNAS dan saya mengapresiasi seluruh jajaran Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Politeknik ATI Padang, Dispora Sumatra Barat, serta seluruh organisasi atas kolaborasi dan kerja kerasnya menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap dia.

Nadiem berharap kedepannya POMNAS dapat terselenggara lebih meriah dan melibatkan lebih banyak pihak untuk berkolaborasi termasuk melibatkan makin banyak peserta mahasiswa.

“Terus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Sebab prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang adik-adik dapatkan, tetapi dari komitmen untuk berkompetisi secara sehat dan jujur, juga tekad untuk menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas, sehat, dan berkarakter,” kata Menteri Nadiem menambahkan.

(*)

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274