info@umsb.ac.id (0751) 482274

Haedar Nashir Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum Muhammadiyah Periode 2022-2027

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Selasa,22 November 2022 10:30:00
Dibaca: 84 kali

Humas UM Sumatera Barat – Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah, telah melahirkan keputusan dengan menetapkan Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti terpilih kembali sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027. Haedar mengatakan bahwa posisinya sebagai ketua umum hanya sejengkal dikedepankan.

"Saya selaku ketua umum posisinya hanya sejengkal didepankan dan seinci ditinggikan, tapi prinsip kepemimpinan adalah kepemimpinan kolektif kolegial dan sistem persarikatan," kata Haedar usai ditetapkan oleh sebagai Ketum dalam Muktamar ke-48 di Solo, Jawa Tengah Minggu (20/11).

Baca Juga: Presiden RI Buka Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ke 48

Haedar mengatakan akan menjalankan amanat sesuai dengan program yang telah disusun. Arah program itu lebih kepada proses transformasi yang dinamis, katanya.

"Kami menjalankan amanat tentu pertama menjalankan program-program Muhammadiyah yang arahnya pada proses transformasi yang lebih dinamis di masa yang akan datang. Baik yang menyangkut program umum maupun program-program di bidang yang arahnya kepada Muhammadiyah yang unggul berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan," tutur Haedar.

Haedar Nashir berkata jika Muhammadiyah mengemban tugas untuk menyebarluaskan pandangan Islam berkemajuan. Dia berharap Islam berkemajuan dapat membawa rahmat.

"Yang kedua kami mengemban tugas untuk mensosialisasikan serta pandangan Islam berkemajuan. Dalam risalah Islam berkemajuan yang sudah ditetapkan untuk terus di dialogkan dengan berbagai kalangan di dalam dan luar negeri, agar Islam yang maju dan membawa rahmat bagi semesta alam itu menjadi alam pikiran yang menyebar dan meluas, serta terimplementasi makin baik di persarikatan," tuturnya.

"Islam yang membawa damai, Islam yang menyatukan, Islam yang membangun optimisme, tetapi juga Islam yang menghadirkan kemajuan hidup seluruh masyarakat, negara, dan kemanusiaan ke depan," imbuhnya.

Baca Juga: Arti Penting Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa

Lebih lanjut, Haedar mengatakan Muhammadiyah memiliki mandat untuk membicarakan isu strategis keumatan dengan berbagai pihak. Dia berharap hasil muktamar ini bisa menjadi masukan kepada pemerintah.

"Yang ketiga, kami PP Muhammadiyah juga memiliki mandat untuk mendiskusikan berbagai pihak mengenai isu-isu strategis keumatan, kebangsaan universal sesuai dengan porsi dan bidangnya, sehingga hasil muktamar ini juga terus kita jadikan masukan-masukan penting bagi berbagai pihak, pemerintah, DPR, lembaga-lembaga, TNI/Polri, komponen bangsa yang lain bahkan dunia internasional," jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh serah terima jabatan dari pengurus PP Muhammadiyah periode 2017-2022 ke pimpinan periode 2022-2027.

Baca Juga : Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sebut Perjuangan Indonesia Semakin Tidak Ringan

(*)

***
Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Ayo Bergabung Bersama Fanpage UM Sumatera Barat

Ikuti Juga Twitter UM Sumatera Barat  

***

SHARE :

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274