info@umsb.ac.id (0751) 482274

UM Sumatera Barat Raih Peringkat Pertama PTS Sumbar Kategori Impact Rank Webometric

Oleh: Humas UM Sumbar   |   Senin,12 Februari 2024 09:44:00
Dibaca: 1555 kali

Humas UM Sumatera Barat - Sebagai perguruan tinggi terkemuka, Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat terus melaju dan melesat tajam diantara perguruan tinggi lainya. Hal itu dibuktikan oleh penilaian dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang belisensi tingkat dunia seperti Webometrics. Pada Januari 2024 Webometrics merilis hasil penilaianya terhadap ribuan perguruan tinggi yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Dalam hal ini UM Sumatera Barat yang dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pertama di Sumatera Barat dalam Impact Rank Website atau peringkat website universitas melalui umsb.ac.id.

Impact Rank adalah kualitas konten dievaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga. Link tersebut mengakui prestise institusional, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari layanan seperti yang diperkenalkan dalam halaman web sesuai dengan kriteria jutaan web editor dari seluruh dunia.

Sederhananya impact rank dalam Webometrics bekerja dengan  cara mengukur dampak atau pengaruh akademis suatu universitas berdasarkan ketersediaan konten akademis yang dapat diakses secara online sebagai kontribusi dan dampak akademis institusi di dunia maya.

Webometrics  sendiri adalah organisasi pemeringkat perguruan tingi dari seluruh dunia yang merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) suatu lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Webometrics akan merilis hasil pemeringkatan mereka terhadap perguruan tinggi setiap enam bulan sekali.

Impact Rank Perguruan Tinggi di Sumatera Barat

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Negeri Padang
  3. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  4. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  5. Universitas Bung Hatta

Hasil penilaian dari Webometrics menunjukan bahwa UM Sumatera Barat berhasil tumbuh dan berkembang dengan baik diantara ketatnya persaingan dunia pendidikan Indonesia,  dan khususnya Sumatera Barat. Semoga penilaian ini akan memberi energi dan sugesti positif kepada UM Sumatera Barat untuk terus berkembang dan bersinar ditingkat nasional maupun internasional.

Frans Fradinen

SHARE :

Informasi

KONTAK

Alamat

Jln. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah, Padang,25172

Email

info@umsb.ac.id

Telp

(0751) 482274